Makan Telur Setiap Hari, Baik atau Buruk ? Ini Jawaban dari A sampai Z

TELUR ayam maupun bebek sudah sangat familiar sebagai bahan pangan yang murah namun kaya gizi. Akan tetapi akibatnya, banyak ibu rumah tangga yang memilih telur sebagai pilihan yang sering mereka ambil sehari-hari untuk lauk keluarganya.  Pertanyaannya, amankah makan telur setiap hari? Padahal ada beberapa anggapan yang menyebutkan bahwa selain protein, telur juga mengandung kolesterol tinggi di bagian kuningnya. Sekitar 200 ml kolesterol terdapat dalam 1 butir telur. Ini tentu tak sehat bagi jantung.  Idealnya satu hari Anda hanya boleh mengonsumsi sebanyak 350 ml kolesterol saja. Lalu bagaimana jika seseorang makan telur setiap hari lebih dari 1 butir?
TELUR ayam maupun bebek sudah sangat familiar sebagai bahan pangan yang murah namun kaya gizi. Akan tetapi akibatnya, banyak ibu rumah tangga yang memilih telur sebagai pilihan yang sering mereka ambil sehari-hari untuk lauk keluarganya.

Pertanyaannya, amankah makan telur setiap hari? Padahal ada beberapa anggapan yang menyebutkan bahwa selain protein, telur juga mengandung kolesterol tinggi di bagian kuningnya. Sekitar 200 ml kolesterol terdapat dalam 1 butir telur. Ini tentu tak sehat bagi jantung.


Idealnya satu hari Anda hanya boleh mengonsumsi sebanyak 350 ml kolesterol saja. Lalu bagaimana jika seseorang makan telur setiap hari lebih dari 1 butir?

Dilansir laman Boldsky, ternyata jenis kolesterol pada telur ada yang baik dan jahat. Jenis kolesterol baik dalam telur dapat mengimbangi kolesterol jahat yang dikandungnya sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah yang normal.
Hal ini bahkan aman jika dikonsumsi oleh penderita jantung koroner, yang notabene memang harus mengurangi asupan kolesterolnya.

Namun menurut para ahli, batasan aman konsumsi telur adalah 6-7 butir dalam sepekan, atau 1 butir sehari. Ini jika kondisi kolesterol Anda normal dan tidak menderita hipertensi.

Bagi pasien jantung dan kolesterol tinggi, batas aman makan telur sepekan adalah 4 butir.

Baiknya Anda mengolah telur dengan cara direbus, sebab jika digoreng maka kandungan kolesterol serta lemak trans nya bertambah dari minyak atau margarin yang digunakan.

Berikut manfaat yang terkandung dalam telur bagi kesehatan tubuh.

Mengandung Mineral

Sebagian besar konsumen tidak menyadari akan manfaat putih telur bagi kesehatan, hingga akhirnya mengetahui bahwa kuning telurlah yang mengandung kolesterol . Menurut Dari banyak hasil Studi, selain sebagai sumber protein yang baik , putih telur yang terbukti juga mengandung beberapa mineral penting termasuk ;Kalium, Magnesium, Kalsium,Fosfor, Tembaga, Seng, dan zat Besi.

Sumber Folat dan beberapa vitamin B

Putih telur juga merupakan sumber riboflavin dan selenium serta vitamin esensial penting seperti folat , B12 , niasin betain dan kolin. Folat sangat penting terutama bagi kehamilan, bermanfaat untuk perkembangan otak janin yang sehat. Sementara kolin bermanfaat untuk perkembangan jaringan sel yang sehat.


Mengandung 0 Kolesterol

Walaupun kolesterol dalam tak seluruhnya buruk (LDL), dan yang tertinggi masih kolesterol baik( HDL). Namun Kuning telur tetap saja tinggi kolesterol, juga mengandung nutrisi penting dan asam lemak. Satu butir telur utuh (beserta kuning), sudah memberikan hampir seluruh kebutuhan harian kalori. Walaupun Putih telur kurang banyak nutrisi dibanding kuning telur, tetapi masih merupakan pilihan yang sehat bagi yang takut kolesterol.

Bermanfaat untuk Pasien Kemoterapi

Karena kandungan protein yang tinggi , putih telur sangat disarankan untuk kemoterapi dan pasien ginjal . Pada abad pertengahan, putih telur digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti mengobati luka dan patah tulang.

Masker Wajah

Putih telur juga banyak digunakan untuk masker wajah, dimana diyakini dapat mengenyalkan, serta mencerahkan kulit. (kita akan bahas pada artikel berikut).

Kekebalan Tubuh dan Kesehatan Mata

Secara keseluruhan , telur baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dan telah digunakan untuk mengobati katarak , degenerasi makula dan membantu untuk membangun tulang yang kuat. Binaragawan menggunakan putih telur untuk meningkatkan asupan kadar protein mereka.

Cara Memanfaatkan Putih Telur

Telur bisa direbus utuh, kemudian hanya diambil putihnya untuk di santap . Putih telur juga dapat dipisahkan dari kuning telur, dan kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih, dikukus, atau dimasak bersama kedalam sayuran.

Membantu Diet

Karena putih telur tinggi protein, maka ia bisa menggantikan kebutuhan karbohidrat bagi yang sedang diet menurunkan berat badan. Manfaat protein termasuk juga bisa menggantikan fungsi karbohidrat untuk energi.

Sekilas Kata Putih Telur

Mengingat kandungan gizi putih telur , sayang jika harus dibuang begitu saja. Terutama karena kandungan proteinnya tinggi, putih telur adalah tambahan yang sehat untuk diet harian Anda . Protein adalah zat yang bertanggung jawab sebagai blok pembangun otot, jaringan tubuh, serta jaringan tulang, namun tak dapat disimpan oleh tubuh. Jadi tubuh Kita memerlukan asupan protein setiap hari. Putih telur juga mudah untuk memasak , fleksibel dan harganya relatif murah.

Membantu Perkembangan Otak

Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil.

Memicu Rasa Bahagia

Selain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.

Kesehatan Mata

Untuk Anda yang mau menjaga mata Anda tetap sehat. Bisa mulai menkonsumsi telur. Karena Karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya Karotenoid lutein danzeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut para peneliti, Karotenoid ini, yang merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat pasti sangat menggangu penampilan anda. Apalagi jika Anda merupakan pegawai ataupun seseorang yang bekerja harus menjaga penampilan dan bertemu klien secara langsung. Tentu ini menjadi permasalahan serius yang anda punya. Ternyata telur bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan facialkan putih telur pada wajah yang berjerawat untuk merawat jerawat yang sedang meradang sekaligus membuat kulit lebih lembut dan kencang.

Menjaga Berat Badan Tetap Sehat

Telur adalah sumber terbaik dari protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia. Mereka membantu mengontrol tingkat di mana tubuh menyerap kalori. Ketika mengelola berat badan Anda, sebaiknya pilihlah makanan yang memberikan jumlah gizi yang maksimum dengan sesedikitnya jumlah kalori. Telur adalah nilai gizi yang besar bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap sehat.

Menghilangkan Ketombe

Dan ketombe sekalipun bisa diatasi dengan keampuhan telur. Aplikasikan telur pada kulit kepala, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air biasa, kemudian keramas hingga sisa telur hilang.

Kesehatan Rambut dan Kuku

Selain bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe seperti kami paparkan diatas, jika telur sering dikonsumsi. Telur juga membantu kesehatan rambut dan kuku dari dalam tubuh karena di dalam telur menandung sulfur yang tinggi, dan bermacam vitamin serta mineral. Mereka yang rajin mengkonsumsi secara teratur memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat.

Membantu dalam Kehamilan

Choline merupakan nutrisi penting yang memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin, atau sekitar setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui.

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Ada sebuah kandungan penting di dalam kuning telur yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian pun mengungkap bahwa senyawa tersebut mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Menyehatkan Jantung

Telur mentah juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Di dalam dua butir telur mentah, kandungan antioksidannya dua kali lebih tinggi daripada satu buah apel.

Membentuk Otot

Sedang berdiet dan berusaha membentuk tubuh yang atletis? Coba makan telur mentah. Kandungan protein tinggi dalam telur bisa membuat tubuh membentuk otot yang kuat dan berisi.

Menyembuhkan Gangguan Paru-Paru

Pada beberapa kasus, makan telur mentah ternyata juga ampuh menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru, khususnya penderita emphysema.

Menjaga Stamina

Telur mentah yang dikonsumsi bukan cuma menjaga keseimbangan hormon, mempercepat metabolisme, dan melancarkan sistem sirkulasi, tetapi juga menjaga stamina dan kesehatan secara keseluruhan.
Efek Samping Putih Telur

Alergi

Kebanyakan orang yang alergi telur sebenarnya adalah alergi terhadap protein yang ditemukan dalam albumin atau bagian putih telur. Alergi telur biasanya terjadi pada anak-anak yang masih kecil hingga balita.

Reaksi alergi bisa terjadi beberapa menit hingga beberapa jam setelah makan telur. Gejalanya bisa berupa ruam kulit, gatal-gatal, kulit merah dan bengkak, kram, diare, mual dan muntah, pilek, mata gatal dan berair mata,bersin, batuk dan mengi. Reaksi alergi juga dapat menyebabkan serangan asma. Gejala-gejala seperti ini biasanya bisa berlangsung kurang dari satu hari.

Reaksi alergi yang lebih parah bisa menyebabkan pembengkakan pada mulut, tenggorokan dan saluran udara, kesulitan bernapas, dan penurunan tekanan darah tiba-tiba, yang menyebabkan pusing hingga kehilangan kesadaran.

Mengandung Natrium Tinggi

Namun putih telur agak tinggi mengandung natrium ( 403 mg ), sehingga bagi yang diet khusus membatasi asupan sodium harus harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan putih telur kedalam diet harian. Natrium tinggi tak baik bagi penderita masalah tekanan darah tinggi.


Kandungan Gizi Telur


Nama Bahan Makanan : Telur Ayam
Banyaknya Telur Ayam yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Telur Ayam yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Jumlah Kandungan Energi Telur Ayam = 162 kkal
Jumlah Kandungan Protein Telur Ayam = 12,8 gr
Jumlah Kandungan Lemak Telur Ayam = 11,5 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Telur Ayam = 0,7 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Telur Ayam = 54 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Telur Ayam = 180 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Telur Ayam = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Telur Ayam = 900 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Telur Ayam = 0,1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Telur Ayam = 0 mg

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.
Makan Telur Setiap Hari, Baik atau Buruk ? Ini Jawaban dari A sampai Z Makan Telur Setiap Hari, Baik atau Buruk ? Ini Jawaban dari A sampai Z Reviewed by Banjarbaru Klik on 5:36 PM Rating: 5

No comments