Frankie Maning Bapak Pendiri Landy Hop Mejeng di Google Doodle Hari ini

Frankie Maning, Bapak Pendiri Landy Hop Mejeng di Google Doodle Hari ini
BANJARBARUKLIK.COM - Google hari ini Kamis 26 Mei 2016 menampilkan Doodle tentang Frankie Manning seorang penari Amerika, instruktur dan koreografer. Manning dianggap salah satu bapak pendiri Lindy Hop tarian Amerika yang berkembang di Harlem, New York City, pada tahun 1920 dan 1930-an.

Lindy adalah perpaduan dari banyak tarian yang mendahuluinya atau yang populer selama perkembangannya yang didasarkan pada jazz. Lindy hop kadang-kadang disebut sebagai tari jalanan, mengacu pada improvisasi dan sifat sosial.

Lantas siapa sebenarnya Frankie Manning ini? Pria ini lahir di Jacksonville, Florida, pada tahun 1914. Dia pindah ke Harlem pada usia tiga tahun dengan ibunya, yang seorang penari, setelah dia dan ayahnya berpisah.

Frankie mulai menari sebagai seorang anak. Bakat menarinya harus diakui merupakan pengaruh besar dari sang ibu.  Kala itu dia dikirim sang ibu untuk menghabiskan masa liburan musim panas bersama keluarga sang Ayah di Aike, Carolina Selatan.

Nah, pada hari Sabtu pesta pun dimulai.  Buruh tani dan penduduk setempat datang ke peternakan untuk berpesta dengan alunan musik, harmonika dan bass bak cuci di teras rumah.  Frankie yang awalnya hanya melihat dari dalam rumah tak disangka di dorong sang nenek keluar rumah dan menari bersama yang lain.  Ia pun larut menari.  Begitu ia masuk lingkaran tari, dia mulai benar-benar mendapatkan merasakan menari dan ia tidak ingin berhenti. 

Kembali di New York, ia mulai menghadiri tarian di Renaissance Ballroom pada tahun 1927 setelah ibunya mengundangnya untuk membantu menghias ballroom untuk tari Halloween dan berjanji untuk membawanya ke pesta dansa 09:00 malam itu. Menonton dari balkon, ia terkejut melihat ibunya menari gaya ballroom formal seperti foxtrot dan waltz.

Dia menari dengan ibunya malam itu dan dia mengatakan kepadanya setelah itu bahwa 'Frankie, kau tidak akan pernah menjadi penari, karena kau terlalu kaku. " Frankie benar-benar mencintai ibunya dan ingin melakukan hal-hal untuk menyenangkan hatinya, jadi itu sebabnya ia ingin belajar bagaimana menari. 

Dia mulai mendengarkan rekaman pada Victrola di kamar tidurnya dan akan berlatih menari dengan sapu atau kursi mencoba untuk tidak kaku lagi.

Pada tahun 1935, Herbert Putih diselenggarakan atas Savoy Ballroom lindy hop penari menjadi kelompok kinerja profesional yang akhirnya bernama Whitey Lindy Hoppers. Manning menciptakan ensemble pertama Lindy Hop dan difungsikan sebagai kelompok koreografer. Rombongan tur secara ekstensif dan membuat beberapa film. Sementara dengan Whitey, Manning juga menari dengan Norma Miller, yang dikenal sebagai Ratu Swing. 

Whitey Lindy Hoppers dibubarkan sekitar Perang Dunia II ketika banyak dari para penari laki-laki memasuki angkatan bersenjata. Manning bertugas di Angkatan Darat AS.  Setelah perang, pada tahun 1947, Manning membuat grup kinerja kecil yang disebut Congaroos. Ketika Congaroos bubar pada tahun 1955, Manning diam-diam membangun karir dengan Amerika Serikat Postal Service. Beberapa 30 tahun kemudian Frankie Manning memulai karir kedua dalam menari, berkeliling dunia sebagai instruktur terkenal dan inspirator.

Sebelum kematiannya pada bulan April 2009, Manning telah merencanakan untuk merayakan ulang tahun ke-95 pada bulan Mei 2009 di New York City pada acara tari Lindy Hop khusus selama akhir pekan Memorial Day. Acara ini sering disebut sebagai Frankie Fest atau Frankie 95 mengumpulkan penari dan instruktur dari seluruh dunia. (admin)



Frankie Maning Bapak Pendiri Landy Hop Mejeng di Google Doodle Hari ini Frankie Maning Bapak Pendiri Landy Hop Mejeng di Google Doodle Hari ini Reviewed by Beri Mardiansyah on 1:58 PM Rating: 5
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments