Recent Posts

Gara-gara Tontonan Televisi Tahun ini di Banjarbaru Banyak Anak Menjadi Penjahat, Kemana Orang Tua?

May 30, 2016
Gara-gara Televisi Tahun ini di Banjarbaru Banyak Anak Menjadi Penjahat, Kemana Orang Tua?
Ilustrasi via youtube

BANJARBARUKLIK.COM – Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Banjarbaru merilis kasus kriminal yang dilakukan oleh anak terus meningkat. Tahun 2016 hingga bulan lalu kriminalitas yang melibatkan anak-anak di Kota Banjarbaru tak kurang dari tujuh orang, lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya empat orang saja.

Anak yang terjun kedalam dunia hitam kejahatan di Banjarbaru menurut Pengurus Harian P2TP2A Banjarbaru Amanda Nasution didominasi tindak kriminal mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Selain itu, secara mengejutkan anak-anak juga melakukan tindak kriminal kekerasan.

"Ini memang ironis, karena dipengaruhi acara-acara televisi. Jadi orang tua harus selalu melakukan pendampingan," ujarnya.

Pengamat sosial Budi Suryadi mengatakan ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkah anak. Salah satunya adalah lingkungan dan peran orangtua. Orang tua jangan hanya melihat perilaku anaknya ketika berada di dalam rumah. Karena seorang anak pada dasarnya memang selalu berperilaku baik ketika di rumah, namun ketika di luar perilakunya bisa berbeda.

Kasatreskrim Polresta Banjarbaru AKP Abdul Mufid membenarkan bahwa kasus kriminal anak yang mereka tangani saat ini terus meningkat. Namun, pelaku anak memiliki hukuman berbeda dengan pelaku dewasa. Sebab, pelaku anak dilindungi oleh undang-undang perlindungan anak. Pelaku anak biasanya dihukum lebih ringan dibandingkan pelaku dewasa. (radarbanjarmasin/admin)
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment