Ini Kawasan yang Akan Dilewati Jalan Tol Banjarbaru – Batulicin Tanah Bumbu

Waktu Baca : 2 menit
Ini Kawasan yang Akan Dilewati Jalan Tol Banjarbaru - Batulicin Tanah Bumbu
Foto via kompas

BANJARBARUKLIK.COM – Rencana Pemprov Kalsel untuk membangun jalan tol dari Banjarbaru ke Batulicin terus digodok.  Jalan sepanjang 160 km itu nantinya akan melewati Banjarbaru, Tapin, Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu.  Dari Banjarbaru, jalan tol yang memangkas waktu tempuh menjadi dua jam ini melewati riam kiwa, kemudian berbelok ke arah selatan menuju Tanah Bumbu.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Selatan, Martinus mengatakan terpangkasnya waktu tempuh hingga tiga jam dari Banjarbaru menuju Tanah Bumbu lantaran jarak tempuh jalan tol ini lebih pendek 100 km dari jalan yang ada saat ini.  “Jalan yang ada sekarang ini 260 km, jalan tol nanti panjangnya 160 km, jadi ada jarak 100 km yang kita pangkas,” kata Martinus seperti dikutip dari laman Radar Banjarmasin di situs kalsel.prokal.co, Kamis 23 Juni 2016.


  Baca Juga:  

1. Asiikk…! Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin Bakal Dibangun, Jarak Tempuhnya Jadi Dua Jam
2. Alhamdulillah.. Jalan Tol Banjarbaru-Tanah Bumbu Didukung DPRD Kalsel, Sekarang ini yang Sedang Dilakukan Pemprov Kalsel
3. Akhirnya Lahan Tol Banjarbaru-Batulicin Tuntas, Begini Desain Tolnya Nanti


Menurut Martinus, dari panjang jalan tol 160 km, ada sekitar 60 km jalan yang sudah disiapkan oleh salah satu perusahaan.  Lebar jalan tol yang kan dibangun nanti 100 meter.  Di sepanjang jalan tol ini juga akan dibangun jalur kereta api, termasuk utilitas listriknya.


“Kita akan menganggarkan studi kelayakan pada APBD perubahan tahun ini.  Harapannya 2017 pengerjaannya bisa dimulai.  Kita siapkan lahannya, investor nanti yang membangun jalannya,” ungkapnya.  (admin)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *