Recent Posts

Subhanallah..! Ini Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Buka Puasa dan Sahur

June 05, 2016
Subhanallah..! Ini Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Buka Puasa dan Sahur

BANJARBARUKLIK.COM - Tak hanya rasanya yang lezat, kurma juga menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi pada saat berbuka maupun sahur. Sejumlah penelitian pun sudah membuktikan manfaat mengonsumsi dari buah berdaging cokelat ini.

Kurma diklaim mampu menyehatkan pencernaan. Lima butir kurma mengandung sekitar 115 kalori. Dengan demikian, kurma tinggi serat dan bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Khususnya saat puasa.

Selain itu, kurma juga mengandung kalium, magnesium dan vitamin B yang baik untuk tulang. Tak heran jika kurma digemari banyak orang dan selalu menjadi menu wajib saat berpuasa. Namun tak hanya itu manfaat kurma, berikut manfaat lainnya dari mengonsumsi kurma yang dilansir dari Realbuzz.

1. 
Menyerap Lebih Banyak Nutrisi

Menjalankan puasa membuat tubuh mengalami peningkatan hormon yang disebut adiponectin. Akibatnya, otot akan mudah menyerap lebih banyak nutrisi. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, Anda bisa mengonsumsi kurma.

2. Menurunkan Kolesterol

Ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan, bahwa mengonsumsi kurma selama mampu mengurangi kolesterol dalam darah. Dengan begitu, mengonsumi kurma bisa menyehatkan jantung.

3. Detoksifikasi

Tidak mengonsumsi makan dan minum saat berpuasa membantu mendetoksifikasi sistem pencernaan. Di tambah mengonsumsi kurma saat berpuka dan sahur, tentu akan lebih sehat. Kandungan tinggi karbohidrat dan fruktosa yang mudah dipecah akan menjadi energi membuat tubuh lebih sehat selama puasa.

Kurma juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat serta diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zink.

4.  
Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan, bahwa mengonsumsi kurma selama puasa bisa mengembalikan fokus dan menjaga kesehatan otak selama puasa. Kurma juga bisa membantu menurunkan jumlah hormon kortisol atau hormon stres. (admin)
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment