"Pahajatan" Kampung Mistis Rumah Mini di Balangan Kalimantan Selatan

"Pahajatan" Kampung Mistis Rumah Mini di Balangan Kalimantan Selatan
"Pahajatan" Tempat Berdirinya Rumah-rumah Mini Bernuansa Mistis
BANJARBARUKLIK.COM - Kalimantan Selatan tak hanya kaya akan kuliner dan budaya religinya. Bumi Lambung Mangkurat ini ternyata juga menyimpan cerita mistis yang melegenda. Salah satunya, "Pahajatan" kampung rumah mini di Desa Tungkap Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Meski lokasi ini di hutan, namun untuk menuju ke tempat ini hanya diperlukan waktu lebih kurang 15 menit dari pusat Kota Paringin Kabupaten Balangan.

Nilai mistis dari tempat ini sebenarnya tak lepas dari keberadaan "Pahajatan" itu sendiri. Sesuai namanya "Pahajatan" tempat ini dipercaya sebagian warga tempat membayar nazar. Konon menurut cerita warga setempat, mereka yang memiliki hajat biasanya datang ke tempat itu. Setelah hajatnya terkabul, warga membangunkan rumah mini di tempat itu.

Seiring waktu, tradisi ini menjadi budaya bagi sebagian warga. Rumah-rumah kecil yang awalnya hanya satu kini jumlahnya sudah ratusan bahkan ribuan jika masih bertahan atau tak rusak dimakan rayap hingga kini.

Keberadaan rumah-rumah kecil tak berpenghuni ini pun lambat laun mulai terkenal cerita mistisnya. Ada yang menyebut penghuni rumah-rumah mini di "Pahajatan" adalah kurcaci ada pula yang menyebut penghuninya hantu Takau.

Entahlah, cerita ini hanya dari mulut ke mulut. Namun keberadaan rumah mini di Pahajatan jelas menarik perhatian. Berikut di bawah ini video amatir tentang rumah mini Pahajatan. (admin)



"Pahajatan" Kampung Mistis Rumah Mini di Balangan Kalimantan Selatan "Pahajatan" Kampung Mistis Rumah Mini di Balangan Kalimantan Selatan Reviewed by Banjarbaru Klik on 10:53 AM Rating: 5
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments