Recent Posts

Nasi Kabuli, Brand Kuliner Banjarbaru

September 21, 2016
Pemerintah Kota Banjarbaru resmi menetapkan Nasi Kabuli kuliner berbahan baku nasi ini sebagai brand kuliner Kota Banjarbaru. Penetapan Nasi Kabuli sebagai brand kuliner khas Kota Banjarbaru ini dikuatkan dengan Surat Edaran Nomor 065/215/EKONOMI/2016 tentang Penetapan Makanan Khas Tradisional Kota Banjarbaru tertanggal 31 Agustus 2016 dan ditandatangani Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani.
BANJARBARUKLIK.COM - Pemerintah Kota Banjarbaru resmi menetapkan Nasi Kabuli kuliner berbahan baku nasi ini sebagai brand kuliner Kota Banjarbaru. Penetapan Nasi Kabuli sebagai brand kuliner khas Kota Banjarbaru ini dikuatkan dengan Surat Edaran Nomor 065/215/EKONOMI/2016 tentang Penetapan Makanan Khas Tradisional Kota Banjarbaru tertanggal 31 Agustus 2016 dan ditandatangani Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani.

Dalam point 3, surat edaran tersebut mengimbau agar pada setiap pertemuan atau rapat sebaiknya ada nasi kabuli sebagai suguhan utama. Terlebih jika ada kunjungan studi banding dari berbagai daerah lain ke Banjarbaru.

Lantas apa sebenarnya Nasi Kabuli? Informasi yang dihimpun, nasi Kabuli adalah kuliner berbahan baku nasi dan taburan sejenis abon ikan gabus terkadang diganti dengan kelapa parut yang sudah disangrai. Kuliner ini biasanya juga dilengkapi dengan toping irisan telur dadar. Nasi Kabuli disajikan menggunakan bungkus daun pisang sehingga aroma daun pisangnya menjadi kekhasan kuliner ini.

Baca juga : Mulai Hari ini, Rapat atau Tamu yang Datang ke Banjarbaru Wajib Disuguhi Kuliner Khas ini

Secara fisik kuliner ini memang tidak jauh berbeda dengan Nasi Kebuli kuliner timur tengah lantaran nama dan bahan baku yang digunakan hampir sama. Namun demikian, dari cara memasaknya, Nasi Kabuli relatif lebih sederhana. Hanya nasi putih, ditambah taburan abon ikan gabus atau haruan atau kelapa parut yang sudah disangrai dan irisan telur.  (admin)

Baca Juga : Aneka Resep Nasi Kebuli Rumahan Lezat dan Murah

MENJAMU MENSOS : Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani menjamu Mensos RI Khofifah Indar Parawansa dengan Nasi Kabuli khas Banjarbaru.  |  Foto via facebook Nadjmi Adhani

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment