Recent Posts

1.068 Sarjana S1 di Banjarbaru Menganggur, Lalu untuk Apa Kuliah?

November 02, 2016
BANJARBARUKLIK.COM – Lembaga pendidikan di Kota Banjarbaru harus mengevaluasi.  Pasalnya, ribuan sarjana di Kota Idaman Banjarbaru hingga kini menganggur alias tak punya pekerjaan.  Data Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Banjarbaru menyebut ada sekitar 7.088 orang warga Banjarbaru menganggur, 1.608 orang diantaranya berpendidikan sarjana (S1) dan S2 sebanyak 33 orang.


BANJARBARUKLIK.COM – Lembaga pendidikan di Kota Banjarbaru harus mengevaluasi.  Pasalnya, ribuan sarjana di Kota Idaman Banjarbaru hingga kini menganggur alias tak punya pekerjaan.  Data Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Banjarbaru menyebut ada sekitar 7.088 orang warga Banjarbaru menganggur, 1.608 orang diantaranya berpendidikan sarjana (S1) dan S2 sebanyak 33 orang.

Dikutip dari Radar Banjarmasin, Rabu 2 November 2016, kelulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat menjadi paling dominan, yakni yang berjumlah 4.311 orang. Sementara data lainnya untuk lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 388 orang, Sekolah Dasar (SD) 63 orang dan tidak tamat SD pun ada sebanyak 5 orang.

Kepala Dinsosnaker Kota Banjarbaru Hilman melalui Kepala Seksi Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja, Faisyal Ridha menjelaskan data tersebut sebagian merupakan sisa di tahun sebelumnya, serta adanya penambahan di tahun ini.

Untuk menangani mereka, dia menyebutkan ada beberapa upaya yang sudah dilakukan. “Padahal sudah dilakukan penempatan ke beberapa perusahaan, serta penghapusan dengan mengupayakan mereka membuka peluang usaha sendiri melalui pelatihan,” jelasnya, Kamis (27/10) kemarin.

Penempatan itu melalui program Dinsosnaker dengan perusahaan penyedia lowongan kerja. Pencari kerja diarahkan ke sana untuk melamar dan diuji, ketika dimintai baruah dipekerjakan. Dan sebagian pun berhasil.

Penempatan ke perusahaan diinformasikan bisa melalui papan pengumuman di kantor Dinsosneker. Serta terdapat website dinsosnaker.banjarbarukota.go.id/infopasarkerja/ yang terhubung langsung dengan Kementerian Tenaga Kerja RI.

Sedangkan untuk pelatihan membuka wirausaha diupayakan dengan membawa orang berpengalaman di bidang usaha yang tersedia ke kelurahan-kelurahan, sesuai hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kota Banjarbaru. (adm)
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment