Recent Posts

Ini Penyebab Paling Banyak Orang Terkena HIV/AIDS, Diluar Dugaan?

November 14, 2016
Kasus HIV/AIDS di Kota Banjarbaru layaknya fenomena gunung es.  Pasalnya, meski hanya belasan warga Banjarbaru yang tercatat meninggal akibat penyakit ini, KPA Banjarbaru justru memprediksi masih banyak kasus yang tak tercatat.


BANJARBARUKLIK.COM - Kasus HIV/AIDS di Kota Banjarbaru layaknya fenomena gunung es.  Pasalnya, meski hanya belasan warga Banjarbaru yang tercatat meninggal akibat penyakit ini, KPA Banjarbaru justru memprediksi masih banyak kasus yang tak tercatat.

Ia mengungkapkan, agar dapat mengurangi penularan HIV/AIDS KPA Banjarbaru akan lebih gencar melakukan pemeriksaan bagi orang-orang yang berisiko. Dengan cara merekrut para kader yang biasa berbaur bersama kelompok orang-orang berisiko. 


Baca juga : Belasan Warga Banjarbaru Meninggal Karena HIV/AIDS

"Pengidap semakin banyak kita ketahui jika semakin gencar melakukan pemeriksaan," ungkap Sekretaris KPA Banjarbaru Edi Sampana seperti dikutip laman kalsel.prokal.co, Senin 14 November 2016.

Seperti halnya, pada bulan Agustus tadi kader KPA Banjarbaru telah berhasil mengajak para PSK agar dapat mengikuti tes HIV/AIDS di Puskesmas Liang Anggang, Banjarbaru. 

"Kader akan selalu mengajak orang-orang berisiko untuk menjalani tes HIV. Mulai dari PSK, Waria, LSL dan para pelanggan PSK," ujar Edi.

Ia mengungkapkan, penderita HIV/AIDS terbanyak merupakan kelompok orang yang sering melakukan hubungan seks di luar nikah. Seperti, Wanita Tuna Susila (WTS) dan para pelanggannya. 

"Ibu rumah tangga juga ada yang terinfeksi, itu dikarenakan suaminya pelanggan WTS," ungkapnya.

Kelompok lain yang banyak terinfeksi HIV/AIDS yaitu, orang-orang yang memiliki banyak pasangan. Seperti, Waria, Lelaki Seks Lelaki (LSL) dan gay. 

"Berhubungan seks sesama lelaki memang sangat berisiko mengidap HIV/AIDS," pungkasnya.  (adm)  

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment