Recent Posts

DIJAMIN NGILER.. Cacapan Terong Bakar Kuliner Khas Kalimantan Selatan

February 25, 2017
Kalimantan Selatan dengan ibukotanya Banjarmasin tak hanya memiliki ciri khas dengan sebutan seribu sungainya saja. Daerah dengan khas maskotnya Bekantan ini juga memiliki kekayaan kuliner yang dijamin bikin ngiler. Seperti kuliner tradisional khas Kalimantan Selatan yang satu ini, Cacapan Terong Bakar.


BANJARBARUKLIK.COM - Kalimantan Selatan dengan ibukotanya Banjarmasin tak hanya memiliki ciri khas dengan sebutan seribu sungainya saja. Daerah dengan khas maskotnya Bekantan ini juga memiliki kekayaan kuliner yang dijamin bikin ngiler. Seperti kuliner tradisional khas Kalimantan Selatan yang satu ini, Cacapan Terong Bakar.

Bahan baku irisan cabai dan bawang merah mentah ini memang kerap identik dengan nama cacapan, salah satu kuliner khas Kalimantan Selatan. Berbeda dengan cacapan pada umumnya yang biasanya menggunakan buah mangga mentah, cacapan yang satu ini andalannya justru santan kelapa mentah. Dicampur dengan terong bakar, aroma khasnya pun dijamin bikin lidah penasaran ingin mencicipinya. Hmmm...kebayang kan rasanya gimana?

Menu Terong Bakar Cacapan ini boleh dibilang hasil kreasi dari menu-menu berbahan cacapan lainnya. Penelusuran Radar Banjarmasin Online, adalah Addiesana perempuan yang pertama kali mengunggah menu Terong Bakar Cacapan ini di laman cookpad, Kamis (25/8). Meski begitu, dalam tulisannya ia menyebut menu ini adalah menu jadul. Berikut resep menu Terong Bakar Cacapan agar anda bisa mencobanya di rumah.

Bahan-bahan:

3 terong ukuran sedang
1 tomat
2 bawang merah uk sedang
1 cabai merah
1 cabai ijo
1/2 bks terasi
1 sdm larutan asam jawa kental
1 gelas santan kental yang masih fresh dari 1/2 buah kelapa.
secukupnya gula dan garam.

Cara membuatnya :

Bakar terong sampe kulitnya gosong, lalu angkat dan dinginkan sejenak. Setelah selesai buang kulitnya yang gosong tadi. Potong-potong semua bahan diatas. Campurkan semua bahan-bahan dengan santan. Remas-remas dengan tangan yang sebelumnya sudah terbungkus sarung tangan. Dan terakhir, masukan terong bakarnya. Diamkan sejenak agar semua bumbu meresap. Dan selamat menikmati.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment