Mess L Banjarbaru, Bangunan Bersejarah Sarat Cerita Mistis

Bobrok, penuh coretan, gelap, seram dan diselimuti tumbuhan adalah pemandangan Mess L di Banjarbaru saat ini. Bangunan bersejarah yang masih tersisa ini kian terkesan angker. Tak heran, banyak cerita mistis yang berkembang belakangan dari bangunan yang lama ditinggalkan ekspatriat Eropa Timur ini.

BANJARBARUKLIK.COM - Bobrok, penuh coretan, gelap, seram dan diselimuti tumbuhan adalah pemandangan Mess L di Banjarbaru saat ini. Bangunan bersejarah yang masih tersisa ini kian terkesan angker. Tak heran, banyak cerita mistis yang berkembang belakangan dari bangunan yang lama ditinggalkan ekspatriat Eropa Timur ini.

Padahal dahulu bangunan ini diterangi oleh cahaya terang dan diramaikan oleh musik serta denting gelas pesta. Pada masanya, Mess L adalah bangunan yang paling berkelas di tahun 1963. Dindingnya mengkilap dan setiap ruangannya dihiasi seni berkelas.

Musik yang mengalun dari denting piano serta petikan tali gitar, kerap mewarnai pesta yang biasa digelar para ekspatriat Eropa Timur. Ya, Mes L dikenal wisma milik para pekerja industri Rusia saat masa keemasan hubungan Indonesia dan Uni Soviet.

Mess L awalnya adalah tempat tinggal bagi para staf dan insinyur Uni Soviet yang saat itu bekerja untuk Proyek Besi Baja Kalimantan. Proyek industri ini menandai kerjasama bilateral Indonesia dengan negara Eropa Timur itu di bidang ekonomi.

Disebut Mess L karena bentuk bangunan membentuk huruf L. Dibangun tak lama setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan di atas tanah seluas 1,3 hektar itu dulunya penginapan pekerja Uni Soviet. Kala itu, Presiden Soekarno memang sedang mesra-mesranya dengan negara komunis seperti Soviet dan Republik Rakyat Tiongkok.

Seiring waktu, para ekspatriat Uni Soviet terburu-buru meninggalkan Banjarbaru. Rencana pendirian pabrik besi baja di Kalimantan Selatan menguap begitu saja. Terbengkalai, hingga kini.

Ketika tragedi 30 September 1965 pecah, kerjasama dengan Soviet pun bubar, termasuk juga Mess L yang ditinggal penghuninya.

Bangunan ini pun belakangan kian terkenal angker. Bahkan saking terkenal keangkerannya, Mess L sempat jadi lokasi syuting uji nyali salah satu televisi swasta.

Kabarnya, tak jarang pula warga sekitar kerap melihat penampakan seorang nenek di lokasi tersebut.  Bahkan dentingan piano pun kerap terdengar seolah tengah pesta, padahal sudah tak dihuni manusia lagi.  (adm)
Mess L Banjarbaru, Bangunan Bersejarah Sarat Cerita Mistis Mess L Banjarbaru, Bangunan Bersejarah Sarat Cerita Mistis Reviewed by Banjarbaru Klik on 5:33 PM Rating: 5
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments