Recent Posts

Alhamdulillah.. Jalan Tol Banjarbaru-Tanah Bumbu Didukung DPRD Kalsel, Sekarang ini yang Sedang Dilakukan Pemprov Kalsel

April 12, 2017
Lama tak terdengar, akhirnya rencana pembangunan jalan tol Banjarbaru-Tanah Bumbu mendapat dukungan DPRD Kalsel.  Alasannya, selain memangkas jarak tempuh, keberadaan jalan tol ini diprediksi bakal memacu pertumbuhan ekonomi di daerah yang terlintasi jalan tol ini.
Foto via skyscrapercity.com.

BANJARBARUKLIK.COM - Lama tak terdengar, akhirnya rencana pembangunan jalan tol Banjarbaru-Tanah Bumbu mendapat dukungan DPRD Kalsel.  Alasannya, selain memangkas jarak tempuh, keberadaan jalan tol ini diprediksi bakal memacu pertumbuhan ekonomi di daerah yang terlintasi jalan tol ini.


Dikutip laman kalsel.prokal.co, Rabu 12 April 2017, Sekretaris komisi III DPRD Kalsel, Riswandi mengatakan, jalan bebas hambatan ini harus didorong. Bahkan, jangan sampai hanya wacana. Apalagi pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan kota Banjarbaru dengan Kabupaten Tanah Bumbu itu sudah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel.

Diakui Riswandi, belum adanya jalan bebas hambatan di Kalsel sangatlah pas dengan visi dan misi kepala daerah. Dimana, semakin hari jalanan semakin padat karena tingginya pertumbuhan kendaraan yang harus dibarengi dengan penambahan jalan.

“Harus kita dorong, terlebih setelah adanya kesepakatan antara eksekutif dan legislatif dalam Perda RPJMD Kalsel yang menyebutkan salah satunya adalah pembangunan jalan bebas hambatan,” kata Riswandi.

Dengan terbangunnya jalan bebas hambatan nanti. Perjalanan dari Banjarbaru ke Tanah Bumbu yang saat ini menempuh perjalanan lima sampai enam jam. Maka akan terpangkas sampai tiga jam perjalanan.

Saat ini Pemprov tengah melakukan persiapan penting dan pengkajian seperti melakukan detail engineering design pembangunan. Bahkan, jika selesai hasil kajian tersebut akan dipresentasikan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan sokongan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Estimasi biaya untuk pembangunan jalan bebas hambatan yang memiliki panjang 175 Km itu diperkirakan mencapai Rp10,24 triliun. Estimasi itu meliputi detail engineering design (DED), pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi. 

“Sesuai pemaparan dari Bappeda Kalsel lalu, tak ada permasalahan yang menghambat. Dan sejauh ini progress on the track,” ujar Riswandi.

Sesuai penjelasan dari Bappeda Kalsel lalu, progress jalan bebas hambatan Banjarbaru-Tanah Bumbu, tahun 2017 ini diawali studi DED. Setelah itu, tahun 2018 mendatang dilakukan pembebasan lahan. Dan pada tahun 2020 dimulai pembangunan konstruksi. Sehingga pada tahun 2022 mendatang, diharapkan jalan sudah bisa beroperasi.  (adm)
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment