KEREN...! Pertama di Kalsel, Taman Bermain Syariah di Banjarbaru

Pertama di Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru tahun ini membangun taman berkonsep syariah. Taman yang juga pernah ada di sudut kota Istanbul Turki ini bakal hadir di kawasan Jl Trikora Banjarbaru, tepatnya di kawasan masjid Agung Al Munawarah.


BANJARBARUKLIK.COM - Pertama di Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru tahun ini membangun taman berkonsep syariah. Taman yang juga pernah ada di sudut kota Istanbul Turki ini bakal hadir di kawasan Jl Trikora Banjarbaru, tepatnya di kawasan masjid Agung Al Munawarah.

Di Indonesia, taman syariah ini memang bukan yang pertama. Sebelumnya Kota Mataram dan Pare-pare telah mengadopsi konsep taman bersyariah ini. Sedangkan untuk kelas dunianya, Kota Abu Dhabi lah yang kali pertama meluncurkan konsep taman bersyariah ini.

"Saya sering mendengar cerita dari warga. Sebenarnya saya pribadi juga mengalaminya. Risih membawa anak kecil ke Lapangan Murjani. Karena sebagian pakaian pengunjungnya kekurangan kain," cetus Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani seperti dikutip dari blogsite bloger lokal beri.web.id. Itulah salah satu alasan dan latar belakang pemerintah Kota Banjarbaru membangun taman dengan konsep syariah.

Kisah ini Nadjmi ungkapkan dalam pencanangan Kota Layak Anak di RTH Bumi Cahaya Bintang, Kelurahan Sungai Besar. RTH baru ini lokasinya berada tepat di depan Masjid Agung Almunawwarah di Banjarbaru Selatan. Proyek taman itu sedang dalam pengerjaan.

Menyandang konsep RTH Islami, pengunjung wajib mengenakan pakaian yang sopan dengan menutup auratnya. Tidak boleh berpakaian minim. Macam hotpants atau tanktop. "Karena kurang kain yang melihat jadi sakit mata. Kurang sreg mau berlama-lama di Murjani," imbuhnya.

Nadjmi meminta jajarannya untuk memperbanyak pembebasan tanah di lokasi-lokasi strategis kota. Mumpung harga tanah belum melambung tinggi. RTH menurutnya adalah relaksasi menyehatkan dan murah meriah bagi warga. Setelah penat dengan rutinitas pekerjaan sepekan lewat.

"Perbanyak beli tanah, perbanyak bangun RTH. Sebagian orang mungkin heran. Tapi saya yakin, sedikit-banyak RTH akan berbanding dengan lurus tingkat rendah-tinggi kebahagiaan masyarakat," pungkasnya.

Selain RTH dekat masjid agung, yang sedang digenjot pemko juga pembangunan RTH di sepanjang bantaran Sungai Kemuning. Dimulai dari Kampung Pelangi di Kelurahan Guntung Paikat.

Berasa Timur Tengah, Taman Ditanami Kurma  yang sering disebut-sebut dalam sirah (sejarah perjalanan hidup) Nabi Muhammad SAW, nantinya bakal bisa dilihat secara langsung oleh warga kota Banjarbaru di taman syariah. Lebih dari sekadar peneduh, warga bisa berselfie bersama pohon-pohon khas gurun tersebut.

"Kurma kami datangkan dari pembibitan di Bogor. Kami yakin ini bakal menjadi ikon RTH Islami tersebut," kata Kabid Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Banjarbaru, Tri Wijayanti.  Berita lengkapnya baca : Taman Bermain Syariah Banjarbaru, Taman yang Beda dari yang Lain
KEREN...! Pertama di Kalsel, Taman Bermain Syariah di Banjarbaru KEREN...! Pertama di Kalsel, Taman Bermain Syariah di Banjarbaru Reviewed by Banjarbaru Klik on 2:31 PM Rating: 5

No comments