Tips Cara Mudah Menjalankan Puasa

Haus dan lapar adalah salah satu tantangan dalam menjalankan puasa. Tak terkecuali bagi sebagian orang, menahan syahwat di bulan puasa pun ternyata menjadi tantangan tersendiri. Berikut tips cara mudah menjalankan puasa ramadan yang mimin kutip dari salah seorang bloger banua beri.web.id

BANJARBARUKLIK.COM - Haus dan lapar adalah salah satu tantangan dalam menjalankan puasa. Tak terkecuali bagi sebagian orang, menahan syahwat di bulan puasa pun ternyata menjadi tantangan tersendiri. Berikut tips cara mudah menjalankan puasa ramadan yang mimin kutip dari salah seorang bloger banua beri.web.id

1. Tidak Makan Bubur Saat Sahur

Agar tidak cepat lapar, sebaiknya Anda menghindari makanan yang lembek seperti bubur saat sahur. Disebutkan dr Tirta, pola makan yang baik saat puasa adalah konsumsi makanan rendah glikemik saat sahur, dan tinggi glikemik saat berbuka.

“Mengapa perlu makanan yang mengandung glikemik tinggi saat buka puasa? Asupan makanan ini penting untuk segera menaikkan kadar gula darah. Selama puasa, kuncinya yaitu konsumsilah makanan yang tinggi serat dan kandungan protein yang cukup. Selain protein, tubuh juga membutuhkan asupan lemak baik,” ujar dr Tirta.

2. Jalan-jalan Sejenak di Sore Hari

Pakar metabolisme mengatakan ketika seseorang membatasi asupan makanannya, maka kadar hormon ghrelin yang berhubungan dengan nafsu makan justru akan terus meningkat. Maka dari itu, ketika puasa orang tetap dianjurkan untuk latihan fisik.

“Kami menemukan bahwa olahraga tidak akan membuat Anda lapar berlebihan atau mendorong Anda untuk makan lebih banyak. Jadi langkah ini cukup dianjurkan jika Anda tak ingin lapar terus-menerus,” tutur pakar metabolisme dari Loughborough.

3. Jangan Makan Mi Instan Saat Sahur

Mi instan memang menggoda, tapi, kandungan mi seperti natrium, lemak jenuh dan MSG akan membuat Anda memiliki rasa dahaga atau rasa haus yang tinggi, tenggorokan pun akan jadi kering. Selain itu, mi instan juga membuat cepat lapar lho.

“Mi instan itu mengandung kadar glikemik yang tinggi, energi yang kita keluarkan banyak, sehingga cepat lapar,” kata dr Tirta Prawita Sari, MSc, SPGK.  Selengkapnya bisa dibaca disini : Cara Mudah Menjalankan Puasa Mulai dari Urusan Cinta Hingga Dahaga
Tips Cara Mudah Menjalankan Puasa Tips Cara Mudah Menjalankan Puasa Reviewed by Banjarbaru Klik on 1:49 PM Rating: 5

No comments