Tips Lengkap Puasa Ramadan untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Menyusui

 Puasa dibulan ramadan lebih dari sekedar kewajiban. Faktanya, berpuasa juga memberi manfaat besar bagi kesehatan, kecantikan dan bahkan manfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Syaratnya, puasa harus dijalankan dengan benar dan sesuai tuntunan dalam Islam. Nah, berikut tips lengkap menjalankan puasa agar tak hanya berpahala namun juga bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan, dan ibu menyusui yang dikutip dari berbagai sumber.


BANJARBARUKLIK.COM - Puasa dibulan ramadan lebih dari sekedar kewajiban. Faktanya, berpuasa juga memberi manfaat besar bagi kesehatan, kecantikan dan bahkan manfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Syaratnya, puasa harus dijalankan dengan benar dan sesuai tuntunan dalam Islam. Nah, berikut tips lengkap menjalankan puasa agar tak hanya berpahala namun juga bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan, dan ibu menyusui yang dikutip dari berbagai sumber.

Tips Menjalankan Puasa Ramadan untuk Kesehatan seperti dikutip dari laman webkesehatan.com, Selasa 6 Juni 2017 :
  1. Atur waktu anda untuk menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa anda di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.
  2. Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Menyantap makanan yang mengandung banyak air selama sahur juga sangat baik untuk hidrasi tubuh anda sepanjang hari.
  3. Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh anda. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter anda.
  4. Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari.
  5. Minum air yang cukup. Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air yang cukup, tiga hingga lima gelas. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.
  6. Di waktu terpanas di siang hari, hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktifitas fisik.
  7. Jika ada waktu, sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh anda, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat zuhur merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.
  8. Jika memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.
  9. Saat waktu buka puasa tiba, jangan makan dengan berlebihan. Sebaiknya ikuti sunnah, yaitu dengan buah kurma dan minuman yang manis: bisa dengan susu, jus buah, atauapun sekedar air. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
  10. Setelah magrib, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama, dengan menu yang seimbang. Makanlah sesuai dengan porsi anda yang biasa, tidak perlu berlebihan. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan buah-buahan.
  11. Hindari makan gorengan berlebihan, serta batasi makanan yang pedas, agar perut tidak menjadi mules dan mengganggu pencernaan tubuh anda.
  12. Cukupi asupan air tubuh anda. Usahakan untuk meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur.
Tips Menjalankan Puasa Ramadan untuk Kesehatan dilansir id.theasianparent.com, diantaranya :

Tips Cantik dengan Menjaga penampilan dari dalam:

  • Menjaga asupan cairan dengan banyak minum air putih di rentang waktu antara usai buka hingga saat sahur tiba. Sebaiknya hindari banyak minum yang manis. Hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi di siang hari, karena tubuh tidak mendapatkan asupan air selama 12 jam.
  • Perbanyak asupan protein seperti daging, ikan, sayur, kacang-kacangan, dan buah saat sahur dan buka puasa karena akan menjaga kulit, kuku, rambut tetap sehat dan lembab. Meskipun demikian juga jangan mengabaikan karbohidrat hanya saja jangan mengasup terlalu banyak karbohidrat karena hanya akan membuat Anda terlalu kenyang.
  • Hindari makanan asin dan kurangi kandungan garam dalam menu masakan selama bulan puasa agar tubuh tetap bisa menjaga kadar air yang stabil.
  • Berikan waktu tidur yang cukup. Anda memang harus melaksanakan shalat Tarawih di malam hari, namun paling lambat jam 9 shalat Tarawih sudah usai dan segeralah beristirahat, karena esok pagi jam 3 Anda juga sudah harus bangun untuk menyiapkan makan sahur.

Tips cantik dengan menjaga penampilan dari luar:

  • Selama Ramadhan biasanya siang hari akan terasa lebih terik, jadi untuk menjaga kulit, gunakan sunscreen. Formula sunscreen juga akan membantu menjaga kelembaban kulit Anda sebagai tips cantik selama berpuasa Ramadhan.
  • Karena selama berpuasa Anda tidak mungkin minum di siang hari, untuk menjaga kulit tetap segar, gunakan moisturizer dengan kadar air lebih tinggi dan cepat terserap ke dalam kulit. Anda juga bisa sesekali menyemprotkan face mist ke wajah Anda. Jangan lupa oleskan pelembab ringan usai mengambil wudhu.
  • Jangan menjilat bibir karena akan menambah kering bibir, sebaiknya oleskan lip balm
  • Usapkan hair tonic atau vitamin rambut untuk menjaga rambut tetap terlihat lembab dan berkilau
  • Gunakan make up minimalis agar kulit bisa bernafas dan terjaga kesehatannya
  • Gunakan aroma parfum segar seperti green tea atau mint, hindari parfum beraroma buah dan makanan sebagai toleransi terhadap orang lain yang berpuasa.
 Puasa dibulan ramadan lebih dari sekedar kewajiban. Faktanya, berpuasa juga memberi manfaat besar bagi kesehatan, kecantikan dan bahkan manfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Syaratnya, puasa harus dijalankan dengan benar dan sesuai tuntunan dalam Islam. Nah, berikut tips lengkap menjalankan puasa agar tak hanya berpahala namun juga bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan, dan ibu menyusui yang dikutip dari berbagai sumber.

Tips menjalankan puasa ramadan bagi ibu menyusui sebagaimana dikutip dari laman wartanews.com, Selasa 6 Juni 2017 :
1. Periksakan Diri ke Dokter
Ibu menyusui disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Nantinya dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan kesehatan, sehingga akan memberikan rekomendasi apakah sang ibu tidak membahayakan sang bayi ketika berpuasa bayi.
2. Menjaga Keseimbangan Gizi
Ibu menyusui yang sedang berpuasa harus memperhatikan keseimbangan gizi dengan cara mempertahankan pola makan 3x sehari. Ibu dapat makan 3x sehari yakni pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Hal ini disebabkan karena ibu yang sedang menyusui membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari pola makan tersebut dan 200 kalori lainnya diambil dari cadangan lemak dalam tubuh.
3. Hindari Dehidrasi
Jangan lupakan kebutuhan tubuh Anda akan Air. Tubuh kita terdiri dari 80% air, maka manfaatkan waktu sahur dan berbuka puasa untuk meminum cukup air. Air bukah hanya berarti air putih namun Anda dapat memilih teh, susu, jus, buah atau makanan sayuran. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui
4. Tidur yang Cukup
Ini akan membantu Anda agar tidak mengeluarkan cairan tubuh berlebihan karena sengatan matahari atau yang lainnya. Selain itu, tidur siang akan mengurangi rangsangan lapar yang berasal dari perut.
5. Konsumsi Makanan Sehat Yang Dianjurkan
Dengan meminum madu, kurma dan habbatussauda, diharapkan kuantitas dan kualitas ASI tetap terjaga, karena madu, kurma dan habbatussauda merupakan vitamin alami dan komposisinya lengkap.
Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar. (*)
loading...
Tips Lengkap Puasa Ramadan untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Menyusui Tips Lengkap Puasa Ramadan untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Menyusui Reviewed by Admin Admin on 12:03 AM Rating: 5

No comments