MENGERIKAN..! Setiap Pekan, Satu Orang Terjangkit HIV/AIDS di Banjarbaru

Sungguh mencengangkan. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Banjarbaru menyebut setiap pekan, satu orang terjangkit HIV/AIDS di Kota Banjarbaru. Itu hanya yang terdeteksi KPA, sebab disinyalir masih banyak yang tak terdeteksi.

BANJARBARUKLIK.COM - Sungguh mencengangkan. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Banjarbaru menyebut setiap pekan, satu orang terjangkit HIV/AIDS di Kota Banjarbaru. Itu hanya yang terdeteksi KPA, sebab disinyalir masih banyak yang tak terdeteksi.

Dikutip dari laman kalsel.prokal.co, Sabtu 12 Agustus 2017, Sekretaris KPA Banjarbaru Edi Sampana mengatakan, pada tahun ini dari Januari hingga Maret pihaknya telah menemukan 16 pengidap HIV. "Kami yakin, masih banyak penderita yang belum terdeteksi," katanya.

Dia mengungkapkan, sejak pemeriksaan dilakukan pada tahun 2005 lalu hingga saat ini tercatat ada 200 lebih penderita HIV/AIDS di Banjarbaru. Rinciannya, tahun 2005 hingga 2013 terdapat 31 penderita. Kemudian, tahun 2014 tercatat ada 23 orang pengidap.

Lalu, di tahun 2015 ditemukan 36 penderita baru dan pada tahun 2016 terhitung 44 orang juga terdeteksi mengidap HIV/AIDS. "Sejak 2016 hingga sekarang, setiap pekannya ada satu orang terdeteksi," ujar Edi.

Dia mengungkapkan, kelompok orang yang berisiko tertular HIV/AIDS ialah Waria, PSK dan Lelaki Seks Lelaki (LSL).

Menurutnya, semakin gencar pihaknya melakukan pemeriksaan HIV/AIDS di Puskesmas dan tempat lainnya di Banjarbaru, akan berbanding lurus dengan jumlah penderitanya. “Penderita ini sudah lama. Hanya saja baru ditemukan," ujarnya.

Semua penderita yang berhasil mereka temukan nantinya langsung di rujuk ke RS Ansari Saleh di Banjarmasin, guna mendapatkan pengobatan. "Penderita HIV/AIDS akan terus mengkonsumsi obat seumur hidup. Semua pengobatannya ditanggung oleh pemerintah,” ujarnya. (adm)
loading...
MENGERIKAN..! Setiap Pekan, Satu Orang Terjangkit HIV/AIDS di Banjarbaru MENGERIKAN..! Setiap Pekan, Satu Orang Terjangkit HIV/AIDS di Banjarbaru Reviewed by Banjarbaru Klik on 6:57 PM Rating: 5

No comments