Di Banjarbaru, Ratusan Pengidap HIV/AIDS Masih Gentayangan

Waktu Baca : 2 menit
Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Banjarbaru merilis sejak 2012, Kementerian Kesehatan RI mengestimasi terdapat sedikitnya 864 pengidap HIV AIDS gentayangan atau belum terdeteksi di Kota Banjarbaru.  Sampai saat ini, dari jumlah tersebut baru 223 pengidap HIV AIDS yang berhasil ditemukan.



BANJARBARUKLIK.COM – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Banjarbaru merilis sejak 2012, Kementerian Kesehatan RI mengestimasi terdapat sedikitnya 864 pengidap HIV AIDS gentayangan atau belum terdeteksi di Kota Banjarbaru.  Sampai saat ini, dari jumlah tersebut baru 223 pengidap HIV AIDS yang berhasil ditemukan.

Read More

Itu artinya, diprediksi masih ada sekurang-kurangnya 600 lebih pengidap HIV/AIDS di Banjarbaru yang masih gentayangan dan belum terdeteksi keberadaannya.

“Mereka yang belum terdeteksi ini sangat berpotensi menularkan HIV kepada orang lain,” kata Sekretaris KPA Banjarbaru, Edi Sampana seperti dilansir Radar Banjarmasin di laman kalsel.prokal.co, Sabtu 23 September 2017.

Dia mengungkapkan, dari 223 kasus HIV yang ditemukan sejak pertenganhan tahun 2005. Sebanyak 96 persen pengidapnya tertular melalui hubungan seksual. “Data ini menunjukkan bahwa kita masih perlu intens mengkampanyekan penggunaan kondom pada hubungan seksual berisiko,” ungkapnya.

Selain rutin mensosialisasikan penggunaan kondom, salah satu langkah untuk menanggulangi penularan HIV ialah dengan cara menggalakkan kampanye jauhi seks bebas kepada para siswa SMP dan SMA. 


“Sejak tahun 2013 kampanye ini kami lakukan, kami juga terus menggalakkan kampanye ABAT (aku bangga aku tahu) tentang HIV,” ujar Edi.  (adm)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *