Recent Posts

Jasuke, Kuliner Kekinian yang Manis dan Gurih

October 28, 2017
Jasuke singkatan dari Jagung Susu Keju boleh dibilang kuliner kekinian yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Camilan berbahan dasar jagung manis ini bahkan sekarang dipasarkan lewat francise.

BANJARBARUKLIK.COM
- Jasuke singkatan dari Jagung Susu Keju boleh dibilang kuliner kekinian yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Camilan berbahan dasar jagung manis ini bahkan sekarang dipasarkan lewat francise.

Asal muasal munculnya jajanan Jasuke sebenarnya tak lepas dari kreatifitas kaum hawa akan tuntutan camilan yang sehat dan begizi bagi keluarganya. Camilan yang hampir sama dengan Urab Jagung di Jawa Barat ini sekarang bahkan sedang populer.

Ya, rasanya yang manis dari jagung rebus dan topping susu kental inilah yang membuat kuliner ini banyak digemari beragam kalangan. Tua, muda bahkan anak-anak pun menyukai kuliner ini. Rasa gurih dari serutan keju, dijamin membuat orang kian tergila-gila dengan Jasuke.

Entah siapa yang mulai menciptakan kuliner ini, namun begitu sepatutnya kita harus berterima kasih karena kreatifitasnya menciptakan menu kuliner baru kian memperkaya datar kuliner enak, murah, dan bergizi di sekitar kita.

Cara Membuat Jasuke


Bahan:

  • Jagung manis
  • Susu kental manis warna putih
  • Mentega
  • Keju
Cara mengolah:

Pertama-tama kita pipil jagung dari bonggolnya, bukan diserut ya. Melakukan proses ini memang butuh waktu dan kesabaran. Selanjutnya cuci sampai bersih.

Didihkan air dalam panci lalu rebus jagung manis sampai empuk, sekitar 8 menitan. Dengan merebus maka biji jagung lebih cepat empuk dan lebih berair, berbeda dengan dikukus yang hasilnya jagung terlihat kempes setelah dingin.

Setelah matang, angkat dan tiriskan. Campur jagung dengan mentega lalu aduk sampai rata. Keadaan jagung yang masih hangat membuat mentega meleleh sehingga lebih meresap.

Tinggal penyajian, taruh biji jagung ke tempat saji lalu beri parutan keju dan terakhir sedikit susu kental manis. Kombinasinya sesuai selera saja. Terakhir bisa diberi topping agar lebih mantap. Resep jasuke telah selesai, segera nikmati segera setelah disajikan.

Walaupun resep jagung susu keju sangat simpel namun hasilnya kadang berbeda. Bisa jadi jasuke yang kita beli di penjual pinggir lebih enak dari buatan kita sendiri, hal ini dipengaruhi oleh kualitas jagung yang dipakai. Para penjual biasanya memiliki pasokan jagung manis yang lebih baik.  (adm)
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment