Recent Posts

Mengerikan, Ini Penyakit Mematikan yang Menghantui Perokok Pasif

October 03, 2017
Apa jadinya apabila Anda adalah seorang yang bukan perokok, tapi sering terkena asap yang dihembuskan para perokok. Tentu hal ini menjengkelkan bagi hampir semua orang. Seseorang yang bukan perokok tetapi mendapat dampak buruk dari asapnya disebut sebagai second hand smoker atau perokok pasif.

BANJARBARUKLIK.COM -  Apa jadinya apabila Anda adalah seorang yang bukan perokok, tapi sering terkena asap yang dihembuskan para perokok. Tentu hal ini menjengkelkan bagi hampir semua orang. Seseorang yang bukan perokok tetapi mendapat dampak buruk dari asapnya disebut sebagai second hand smoker atau perokok pasif.

Dilansir harian Radar Banjarmasin, dr Hendy Arizal dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengungkapkan, meskipun seseorang tidak merokok, tetapi dalam kesehariannya dekat dengan para perokok, maka potensi terserang gangguan penyakit juga akan bisa muncul.

Asap rokok yang tersebar mengandung ribuan jenis bahan kimia. Beberapa diantaranya positif dapat membahayakan kesehatan seseorang. Diantaranya adalah karbon monoksida dan arsenik.

Karbon monoksida adalah gas beracun yang biasanya ditemukan pada asap knalpot kendaraan bermotor. Jika terus menerus dihirup, gas yang satu ini dapat mengikat hemoglobin. Pada akhirnya, jika hemoglobin sudah terikat, penyediaan oksigen ke bagian tubuh akan terhambat dan Anda akan mudah lelah.

Sedangkan arsenik adalah salah satu zat yang membuat seseorang menjadi mudah terpicu penyakit kanker. Arsenik jika terus menerus dipaparkan pada tubuh akan bersifat destruktif. Apabila digabung dengan zat lain, arsenik juga akan tambah berbahaya dan dapat merusak DNA.

Secara konkrit, salah satu penyakit yang rentan muncul pada perokok pasif usia dewasa adalah gangguan pada dinding pembuluh darah yang berujung pada penyakit pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang bermasalah biasanya akan membuat darah menjadi mudah menggumpal dan mengalami penyempitan. Bukan tak mungkin penyakit pembuluh darah seperti stroke dan gagal jantung bisa terjadi pada perokok pasif.

Selain itu, perokok pasif juga diteliti memiliki kualitas paru-paru yang jelek. Hal ini karena terus menerus terpapar asap rokok. “Kapasitasnya untuk menampung oksigen lebih jelek dibandingkan orang-orang normal,” kata Hendy.

Lantas, jika perokok pasif usia dewasa mudah terserang gangguan pembuluh darah dan paru-paru, bagaimana dengan anak-anak yang menjadi perokok pasif? Ternyata beberapa penyakit seperti pilek, asma, dan bronikitis mudah terjadi.


Air Putih Tidak Netralisir Racun Rokok


Banyak orang yang beranggapan bahwa air putih dapat meminimalisir dan menetralisir racun-racun pada rokok. Dengan mengonsumsinya dengan sesuai anjuran kesehatan, para perokok merasa akan sehat-sehat saja dengan mengonsumsi air putih. Namun, anggapan tersebut dianggap keliru oleh dr Hendy Arizal dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Menurutnya, hal tersebut hanyalah strategi para perokok untuk mencari-cari solusi agar rokok tetap dianggap sehat. “Jadi para perokok akhirnya membikin rumor seperti,” ujarnya.

Hendy memaparkan, lantaran asap rokok yang masuk pada tubuh punya ribuan bahan kimia, sudah pasti air putih tidak bisa melawannya keganasan ribuan bahan kimia tersebut. Hendy mencontohkan salah satu bahan kimia yang terkandung pada rokok, Cadmium. Jenis bahan kimia yang satu ini apabila terus menerus masuk pada tubuh tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia.

“Lalu dia merusak sel secara bertahap sampai sel itu mati atau berubah menjadi ganas,” paparnya. Menurut Hendy, air putih yang hanya memiliki unsur H20 tidak bakal bisa menetralkan zat-zat berbahaya dari rokok tersebut.

Tips Terhindar Asap Rokok


Supaya tak terkena imbas dari asap rokok, sebaiknya lakukan hal-hal di bawah ini untuk bebas dari asap rokok di lingkungan sekitar Anda.

Di Rumah


Mohon kepada orang rumah atau tamu yang perokok untuk tidak merokok dalam ruangan rumah. Minta mereka untuk merokok di luar ruangan atau sediakan tempat khusus untuk merokok. 

Jika tak enak hati menyatakan larangan merokok secara lisan, berikan peringatan secara tertulis untuk memperingati orang-orang yang merokok di dalam ruangan rumah.
Ajarkan anak-anak kecil untuk memberi tahu orang-orang perokok yang ada di rumahnya. 

Di Tempat Umum

Pastikan diri Anda sedang tidak berada di tempat khusus merokok. Biasanya beberapa fasilitas umum memberikan ruangan atau lahan bagi para perokok untuk melancarkan aktivitasnya.

Usahakan untuk menghindari membawa anak-anak Anda di tempat yang banyak orang merokok. 

Jika tidak bisa dilakukan, sediakan masker untuk melindungi diri dari asap rokok yang mengganggu.Di Lingkungan Kerja

Sampaikan aspirasi kepada pimpinan apabila lingkungan kerja Anda belum bisa memberikan ruang bagi para perokok untuk segera membuat ruangan khusus untuk para perokok. 

Apabila ruangan khusus merokok sudah dibentuk, jangan menggunakannya untuk kegiatan apapun.(*)
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment