Recent Posts

Penjelasan Lengkap, Khasiat Air Kelapa Muda

October 03, 2017
Air kelapa muda, minuman pelepas dahaga. Ya, semua pasti setuju ungkapan ini. Namun tahukah anda, dibalik manfaat pelepas dahaga, air kelapa muda juga memiliki keistimewaan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

BANJARBARUKLIK.COM - Air kelapa muda, minuman pelepas dahaga. Ya, semua pasti setuju ungkapan ini. Namun tahukah anda, dibalik manfaat pelepas dahaga, air kelapa muda juga memiliki keistimewaan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Air kelapa, khususnya air kelapa muda, sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Letaknya yang terlindung oleh tempurung keras dan sabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa menjadi minuman steril. Bebas dari segala bentuk kontaminasi.

Kandungan Air Kelapa Muda

Dikutip laman kompas.com, Prof. DR. Made Astawan, MS mengungkapkan secara umum, air kelapa mengandung 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Jenis gula yang terkandung adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Beberapa jenis kelapa ada yang memiliki kadar gula sebesar 3 persen pada air kelapa tua, dan 5,1 persen pada air kelapa muda. "Itulah yang menyebabkan air kelapa muda terasa lebih manis dibandingkan dengan air kelapa tua," ujar Made.

Dalam air kelapa juga terdapat asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri.

Mineral terbanyak adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang cukup banyak magnesium, dan klorida, sedangka natrium jumlahnya sangat sedikit. Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan.

Komposisi zat gizinya mendekati cairan isotonik, yang sesuai dengan cairan tubuh. Minuman isotonik diharapkan dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang melalui keringat selama aktivitas olahraga atau kegiatan lainnya. Hanya saja, orang yang aktif berolahraga perlu berhati-hati soal penggunaan air kelapa sebagai minuman elektrolit.

Mereka harus mengetahui jenis olah raga yang dilakukan dan lamanya. Bila olah raga terbilang berat, katakanlah aerobik selama 3 jam tanpa henti, tubuh akan kehilangan banyak sodium. Konsumsi air kelapa tidak bisa mengimbangi kebutuhan tubuh terhadap sodium. Tak lain karena sodium dalam air kelapa hanya sedikit. Kalau ini yang terjadi, tubuh bisa kekurangan sodium. Akibatnya, otot tidak bisa berkontraksi dengan baik. Detak jantung dan fungsi organ tubuh akan terganggu. Risiko terburuknya? Anda bisa pingsan.

Namun, kalau olah raga yang dilakukan tidak tergolong berat, seperti jalan cepat selama 1 jam atau beryoga misalnya, minum air kelapa tidak masalah. Syaratnya, tetap konsumsi air-mineral biasa.

Manfaat Air Kelapa Muda


Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa telah digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian air kelapa setelah olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang. Selain air kelapa, manfaat pocari sweat yang merupakan minuman isotonik juga sangat bagus untuk dehidrasi.

Manfaat Air kelapa memang dikenal luas untuk menggantikan mineral dan cairan yang kita kehilangan selama kegiatan fisik atau olahraga. Orang-orang yang bekerja secara teratur harus minum banyak air kelapa untuk menjaga keseimbangan ion dalam tubuhnya.

Mencegah Penuaan Dini


Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Air ini bisa kita katakan sebagai air super, ia sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu.

Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Baik untuk ibu hamil

Air kelapa merupakan minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.
Penting untuk kesehatan kulit

Memiliki jerawat ? dan mencegah terjadinya jerawat pada wajah ? air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

Baik untuk pencernaan


Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

Kontrol diabetes
Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.


Apakah aman minum air kelapa muda saat perut kosong?


Selama ini muncul mitos yang menyebutkan bahwa air kelapa tidak boleh diminum ketika perut sedang kosong. Benarkah demikian? Well, menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com seperti dikutip dari laman merdeka.com, mitos ini tidaklah benar adanya. Air kelapa tetap bisa kamu minum meski perutmu kosong dan malahan cara ini akan memberikan lebih banyak kekuatan pada sistem kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari bakteri maupun mikroorganisme lainnya.

Masih menurut penelitian yang sama, berikut adalah beberapa manfaat minum air kelapa ketika perutmu sedang kosong.

Minum air kelapa dipercaya mampu meredakan haus secara efektif. Sebab kandungan elektrolit di dalamnya akan menghidrasi tubuh dengan baik.

Kandungan vitamin C, potasium, dan magnesium di dalam air kelapa membantu mengendalikan kadar tekanan darah tinggi. Kalium akan menyeimbangkan efek negatif dari natrium dan membuat tekanan darah turun.

Air kelapa bebas lemak dan kolesterol. Dengan demikian, minum air kelapa membantu menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minum air kelapa sangat ideal untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori dan mudah dicerna. Kandungan enzim bioaktifnya akan meningkatkan sistem metabolisme lemak sehingga membantu membuat berat badan susut.

Kamu bisa mengobati sakit kepalamu secara alami dengan minum air kelapa, terutama sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi.

Sembelit yang sedang kamu derita juga bisa kamu obati secara alami dengan minum air kelapa.


Dampak Jika Berlebihan Mengkonsumsi Air Kelapa

Sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik. Begitu pula ketika mengkonsumsi sesuatu, tak terkecuali jika anda berlebihan mengkonsumsi air kelapa muda. Enak sih, tapi tetap saja ada dampak kurang baik jika minuman ini dikonsumsi secara berlebihan.

Dikutip dari laman tribunnews.com, Dokter Umum Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung, Dr. Yoshika Kurniasari merinci efek negatif mengkonsumsi air kelapa jika berlebihan, berikut penjelasannya.

1. Air kelapa yang mengandung mineral dan vitamin baik untuk dikonsumsi setelah kita melakukan aktifitas yang melelahkan dan memeras keringat. Ternyata, minum air kelapa saja tidak cukup. Ketika mengeluarkan keringat, tubuh kita akan mengalami kekurangan sodium.

Sedangkan kadar sodium dalam air kelapa tidaklah mencukupi untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kita. Konsumsi air mineral tetap disarankan.

2. Air kelapa merupakan minuman yang rendah lemak. Namun jangan menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Karena konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan diare.

Bagi orang yang mengalami sembelit, air kelapa memiliki manfaat yang besar karena membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

3. Walaupun asam amino yang terkandung dalam air kelapa lebih tinggi daripada kandungan asam amino dalam susu sapi, tidak berarti kita berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap daripada air kelapa.

Jadi ketika Anda mengganti susu dengan air kelapa, Anda akan mengalami kekurangan nutrisi dan dapat mengganggu kinerja organ tubuh.

4. Air kelapa memang memiliki kandungan sejumlah zat mineral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun mengkonsumsi air kelapa tidak menjamin kuatnya sistem imun kita melawan serangan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.

Padahal sistem kekebalan tubuh manusia sangat kompleks dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membangun sistem imun yang kuat.

5. Jangan meminum air kelapa saat Anda berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Salah satu efek samping air kelapa adalah dapat menimbulkan kejang otot dan rasa lelah akibat kadar kalsium dalam kandungan air kelapa.

6. Air kelapa memang bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal, namun berbahaya bagi orang yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan. Maka harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal tersebut.

Karena kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemi. Efek samping air kelapa pada penderita fungsi ginjal yang turun adalah dapat membahayakan jantung. Semoga bermanfaat.[]
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment