Recent Posts

Sering Lupa? Inilah Penyebabnya, dan Begini Cara Tepat Menanganinya

October 03, 2017
 Sangat susah mengingat sesuatu, mengingat kejadian kemarin atau pun yang baru saja terjadi, dan bahkan terkadang harus mencatat apa yang telah terjadi, tentu begitu sangat melelahkan serta sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.
Foto via nationalgeographic.co.id.

BANJARBARUKLIK.COM - Sangat susah mengingat sesuatu, mengingat kejadian kemarin atau pun yang baru saja terjadi, dan bahkan terkadang harus mencatat apa yang telah terjadi, tentu begitu sangat melelahkan serta sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dr Lia Nur Amalia dari Alodokter menjelaskan, bahwa kesulitan dalam mengingat suatu hal atau kejadian merupakan salah satu gejala dari gangguan memori, mudah lupa, hingga hilang ingatan disebut dengan amnesia. 

Sementara, ingatan yang hilang bisa berupa hal yang baru saja terjadi atau kenangan yang telah lama terjadi. Orang yang mengidap amnesia juga biasanya mengalami kesulitan dalam mempelajari informasi baru atau membentuk ingatan baru. 

“Pada dasarnya, gangguan memory ini dapat disebabkan oleh penyebab yang ringan hingga penyebab yang berat,” ungkapnya.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan ingatan yang ringan, bisa karena dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh, karena kelelahan fisik, serta stres psikologis. Kondisi itu dapat menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi sehingga dapat menyebabkan gangguan memori pula.

“Sementara, kondisi lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja otak sehingga menimbulkan amnesia, bisa karena cidera pada kepala, misalnya akibat kecelakaan. stroke, ensefalitis atau peradangan otak, mengalami kondisi tertentu seperti penyakit alzheimer dan tumor otak,” jelasnya, seraya menambahkan, bahwa ketergantungan minuman keras untuk jangka panjang serta trauma psikologis pada korban kejahatan seksual juga bisa menjadi pemicu.

Beberapa langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk membantu aktivitas sehari-hari apabila sering mengalami kelupaan :

Senantiasa membawa alat tulis agar bisa segera mencatat segala informasi yang diperoleh.
Selalu menaruh benda yang dibutuhkan sehari-hari di tempat yang sama, contohnya kunci rumah.

Manfaatkan kemajuan teknologi, misalnya menggunakan fitur alarm pada Ponsel untuk mengingatkan pada kegiatan tertentu. Atau gunakan aplikasi notes yang terdapat di Ponsel anda untuk lebih memudahkan pencatatan kegiatan. [*]
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment