Recent Posts

Sering Terbangun Saat Tidur ? Mungkin Anda Mengidap ini

October 03, 2017
Mungkin Anda bingung, kenapa hampir setiap kali tertidur selalu terbangun dengan kondisi kaget atau tersentak. Dalam dunia medis, kondisi tersebut disebut dengan hypnic jerk.

BANJARBARUKLIK.COM
- Mungkin Anda bingung, kenapa hampir setiap kali tertidur selalu terbangun dengan kondisi kaget atau tersentak. Dalam dunia medis, kondisi tersebut disebut dengan hypnic jerk.

Hypnic jerk juga biasa disebut dengan myoclonus. Ini kondisi di mana tubuh mengalami kedutan atau kejang singkat dan tiba-tiba, saat seseorang sedang tidur. Selain itu, penderita hypnic jerk juga dapat mengalami gejala seperti mendengar suara letusan kecil atau seperti melihat kilatan cahaya, sentakan atau kejang yang terjadi cepat, tidak beraturan, dan meliputi seluruh atau bagian tubuh tertentu.


Hypnic jerk yang cukup parah bisa menimbulkan gangguanberjalan, bicara, atau makan.
Kondisi ini bisa disebabkan oleh gangguan medis tertentu. Namun bisa juga terjadi pada mereka yang memiliki tubuh sehat. Menurut sebuah akademi di Amerika yang khusus mendalami penyakit tidur, hypnic jerk biasanya terjadi karena seseorang melakukan pekerjaan berat pada malam hari, stres, gelisah, dan mengonsumsi kafein.

Selain itu, mereka yang mengalami kondisi medis yang cukup berat juga bisa mengalami hypnic jerk. Misalnya mereka yang mengalami infeksi, gagal ginjal, gagal hati, keracunan, terjadi reaksi obat, gangguan metabolisme, kondisi inflamasi autoimun, cedera tulang belakang atau kepala, gangguan penyimpanan lemak, dan beberapa gangguan sistem saraf.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Konsultan pada bidang kesehatan di Banjarmasin, Syahbandi Akbar seperti dilansir Radar Banjarmasin mengakui bahwa hypnic jerk juga dapat terjadi pada seseorang yang sehat. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir jika kita pernah mengalami hal ini.


Sebisa mungkin, kurangi hal-hal yang bisa meningkatkan risiko mengalami hypnic jerk. Misalnya kurangi konsumsi kafein, atasi stres atau kegelisahan, dan usahakan untuk tidak melakukan pekerjaan berat pada malam hari.


"Sebisa mungkin hindari penyebabnya. Jika kondisinya semakin mengganggu jam tidur dan membuat sangat lelah, cobalah untuk mengonsultasikan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan beberapa jenis obat yang dapat mengurangi gejala hypnic jerk," tuntasnya. (*)
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment