Recent Posts

Waspada Keracunan MSG, Kenali Gejala dan Macam-macam Nama Samaran MSG

October 21, 2017
Monosodium Glutamate (MSG) merupakan salah satu jenis penyedap rasa yang sering ditambahkan ke dalam makanan. Dibalik manfaatnya menyedapkan makanan, penyedap yang biasa ada pada kuliner china ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan bahkan bisa mengakibatkan keracunan.

BANJARBARUKLIK.COM
- Monosodium Glutamate (MSG) merupakan salah satu jenis penyedap rasa yang sering ditambahkan ke dalam makanan. Dibalik manfaatnya menyedapkan makanan, penyedap yang biasa ada pada kuliner china ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan bahkan bisa mengakibatkan keracunan.

Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa MSG aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Namun, setelah dilaporkan banyak terjadi kasus keracunan akibat MSG, FDA mewajibkan untuk mencantumkan MSG dalam label makanan jika zat tersebut ditambahkan agar konsumen lebih berhati-hati memilih makanan.

Reaksi atau efek samping yang ditimbulkan oleh MSG ini disebut sebagai Chinese Restaurant Syndrome atau MSG Symptom Complex. Keracunan MSG lebih sering terjadi pada orang yang sensitif terhadap zat ini. Gejala akut yang muncul berupa :
  • Sakit kepala
  • Mual, muntah
  • Nyeri dada
  • Rasa terbakar pada wajah, leher, atau bagian tubuh lainnya
  • Berdebar-debar
  • Sesak napas
  • Berkeringat
  • Lemas
  • Kebas atau baal pada tubuh.
  • Bengkak pada wajah atau bibir
Jika Anda mengalami hal tersebut segera hubungi dokter. Gejala yang muncul umumnya ringan dan tidak membutuhkan terapi. Namun, kadang-kadang dapat menjadi berat tergantung jumlah MSG yang dikonsumsi dan reaksi tubuh setiap individu. Satu-satunya jalan untuk mencegah reaksi tersebut adalah dengan menghindari makanan yang mengandung MSG.

Semenjak ditemukannya MSG (Monosodium Glutamate) pada tahun 1908 oleh Profesor Kikunae Ikeda di Jepang, zat kimia ini menjadi semakin sering digunakan sebagai penyedap makanan. Penggunaannya juga semakin meningkat setiap tahunnya. MSG sebenarnya aman apabila tidak dikonsumsi berlebihan. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa MSG dapat menimbulkan efek samping jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam makanan yang merupakan nama lain dari MSG:

1.   Gelatin
2.   Calcium Caseinate
3.   Hydrolyzed Vegetable Protein (HVP)
4.   Textured Protein
5.   Monopotassium glutamat
6.   Hydrolyzed Plant Protein (HPP)
7.   Yeast Extract
8.   Glutamate
9.   Autolyzed Plant Protein
10. Yeast food
11. Glutamic Acid
12. Sodium Caseinate
13. Autolyzed Yeast

Mulai dari sekarang, waspada dan cermatlah memilih makanan. Selalu lihat kandungan yang tercantum dalam label kemasan makanan yang Anda beli. MSG tidak hanya digunakan untuk makanan dalam kemasan. (red).
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment