Recent Posts

YA ALLAH..! Lagi, Enam Ibu Hamil di Banjarbaru Mengidap HIV

October 04, 2017
Sedih dan miris. Begitulah ekspresi yang muncul saat mengetahui ada lagi ibu hamil di Banjarbaru terdeteksi mengidap HIV/AIDS.   Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banjarbaru, Edi Sampana mengatakan, hingga bulan ini sudah ada enam ibu hamil yang mereka deteksi mengidap penyakit mematikan tersebut.

BANJARBARUKLIK.COM - Sedih dan miris. Begitulah ekspresi yang muncul saat mengetahui ada lagi ibu hamil di Banjarbaru terdeteksi mengidap HIV/AIDS.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banjarbaru, Edi Sampana mengatakan, hingga bulan ini sudah ada enam ibu hamil yang mereka deteksi mengidap penyakit mematikan tersebut.

"Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu, yang mencapai sembilan orang," katanya kepada seperti dilansir Radar Banjarmasin, Rabu (4/10/17).

Dia menuturkan, para ibu hamil tersebut rata-rata mengidap HIV karena tertular suaminya yang pernah berhubungan seksual dengan wanita lain. "Ada juga lantaran mengonsumsi narkoba," ujarnya.

Selain ibu hamil, di Banjarbaru diyakini masih ada banyak pengidap HIV yang belum terdeteksi dari berbagai kalangan. Berdasarkan data pada tahun 2012 Kementerian Kesehatan RI telah mengestimasi bahwa di Kota Idaman terdapat 864 pengidap HIV. Namun, hingga kini Dinas Kesehatan Kalsel baru berhasil menemukan 223 diantaranya.

Dengan begitu, maka di Banjarbaru diprediksi masih ada 600 lebih warga yang tidak tahu bahwa dirinya sudah mengidap HIV. "Mereka yang belum terdeteksi ini sangat berpotensi menularkan HIV kepada orang lain," ujar Edi Sampana.

Dia mengungkapkan, dari 223 kasus HIV yang ditemukan sejak pertengahan tahun 2005. Sebanyak 96 persen pengidapnya tertular melalui hubungan seksual. (red)
Komentar Facebook
1 Komentar Blogger

1 comment: