Belasan Warga Banjarbaru Meninggal Karena HIV/AIDS

Waktu Baca : 2 menit
Terhitung sejak Agustus 2015, belasan warga Banjarbaru meninggal karena penyakit menular HIV/AIDS.  Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banjarbaru merilis sejak Agustus 2015 sedikitnya tercatat sudah 12 warga meninggal karena penyakit yang diakibatkan hubungan seks bebas ini.



BANJARBARUKLIK.COM – Terhitung sejak Agustus 2015, belasan warga Banjarbaru meninggal karena penyakit menular HIV/AIDS.  Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banjarbaru merilis sedikitnya tercatat sudah 12 warga meninggal karena penyakit yang diakibatkan hubungan seks bebas ini.


Sekretaris KPA Banjarbaru Edi Sampana mengungkapkan bisa jadi jumlah yang meninggal lebih dari 12 orang. Karena masih ada beberapa pasien AIDS yang meninggal tanpa sepengetahuan mereka. “Data yang kami dapat pasti di bawah angka sebenarnya, masih ada yang meninggal karena AIDS yang tak terdata,” ungkapnya kepada Radar Banjarmasin.

Read More

Ia menuturkan, angka kematian akibat virus mematikan tersebut akan terus bertambah jika jumlah pengidapnya juga meningkat. Sementara, berdasarkan hasil pemeriksaan mereka, jumlah pengidap HIV/AIDS saban tahunnya selalu mengalami peningkatan. “Jumlahnya meningkat karena dalam dua tahun terakhir kami gencar melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Edi menyampaikan, pada tahun 2014 jumlah pengidap HIV sebanyak 23 orang. Sementara pengidap AIDS hanya enam orang. Tahun 2015 angkanya meningkat, pengidap HIV 36 orang, sedangkan AIDS 14 orang. 


“Lalu untuk tahun 2016 ini hingga bulan Juni jumlah pengidap HIV sudah 29 orang, sementara yang AIDS delapan orang,” katanya.

Orang-orang yang berisiko tertular HIV/AIDS yaitu pelanggan PSK, Waria, Lelaki Seks Lelaki (LSL) dan PSK. “Bulan Oktober ini kami juga menemukan satu orang LSL positif mengidap HIV/AIDS,” tambah Edi.

Sementara untuk total pengidap HIV/AIDS di Kalsel hingga pertengahan tahun ini mencapai 165 orang. Kepala Dinkes Kalsel Rudiansjah mengatakan, berdasarkan data yang telah mereka himpun, jumlah pengidap HIV/AIDS di Kalsel pertahunnya selalu di atas 100 orang. Peningkatan tertinggi ada di tahun 2015 yaitu sebanyak 284 kasus. 


“Sepertinya tahun ini akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2015, karena baru pertengahan tahun saja sudah ada 165 kasus,” katanya. (adm)


Baca Juga Berita :
1. YA..AMPUN..!! Lagi-lagi Ibu Hamil di Kota Banjarbaru Terjangkit HIV

2. Astaga..! Pelajar SMA di Banjarbaru Terdeteksi Mengidap Penyakit Seksual Menular

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *