8 Objek Wisata di Banjarbaru yang Rugi Jika Dilewatkan

8 Objek Wisata di Banjarbaru yang Rugi Jika Dilewatkan

March 25, 2017

Berkunjung ke Kota Banjarbaru tak lengkap rasanya jika tak menikmati objek wisatanya. Daerah yang dikenal dengan miniatur Jakarta ini memiliki segudang destinasi wisata yang rugi jika dilewatkan.




Bukan Banjarbaru namanya jika daerah ini tak nyaman.   Daerah yang juga dijuluki sebagai Kota idaman ini memiliki lokasi yang startegis.  Akses menuju objek wisata yang relatif mudah.  Dijamin rugi jika melewatkan destinasi alam maupun kulinernya.

Berikut 8 Objek Wisata di Banjarbaru yang rugi jika anda lewatkan :

1. Bukit Lentera


Memandangi lampu perkotaan di gelapnya malam memang memiliki sensasi yang tiada duanya. Di Banjarbaru, anda juga bisa menikmati keindahan gemerlap lampu dari atas bukti lentera.




Dijuluki bukit lentera karena destinasi yang terletak di kawasan Gunung Kupang Cempaka, Banjarbaru ini menawarkan kerlap-kerlip lampu kota dari atas perbukitan, layaknya melihat festival lentera.


Tempat ini lebih dari sekedar tempat yang nyaman untuk memandangi kota di kegelapan malam. Namun juga tempat yang cukup seru untuk travelling.


2. Danau Seran


Danau Seran merupakan destinasi alam bekas aktifitas tambang intan PT Galuh Cempaka. Seiring waktu, lahan eks tambang intan itu menyisakan danau buatan yang belakangan mulai dijadikan warga sebagai tempat rekreasi murah.




Hingga kini memang belum ada alat transportasi umum untuk menuju destinasi danau ini.  Namun, semakin maraknya angkutan online, anda bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk menjangkau Danau Seran.



3. Danau Caramin


Siapa yang tak kenal Danau Seran, keindahannya sempat booming melalui media sosial. Apa cuma Danau seran ?, jawabannya tidak. Ada yang baru dan tengah jadi buah bibir kalangan netizen. Ya, Danau Cempaka yang disebut-sebut sebagai danau cermin.




Lokasinya tak jauh dari Danau Seran, bila ke danau seran masuk Perumahan Fitria Residence, Jalan Guntung Manggis, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, nah untuk ke Danau seran cukup melewati lokasi itu.

Tenang, tidak akan tersesat. Bila sudah disekitar lokasi itu cukup bertanya ke warga setempat, bila kebingungan.

4. Embung Sidodadi



Satu lagi objek wisata keren di Kota Banjarbaru. Tempat wisata ini sebenarnya fungsi utamanya untuk mengelola sumber daya air. Namun melihat tempatnya yang cukup eksotis, tempat ini juga layak menjadi alternatif destinasi wisata. Sekedar melepas penat dari rutinitas pekerjaan selama sepekan, tempat ini layak jadi pilihan.



5. Pendulangan Intan Galuh Cempaka


Objek wisata ini adalah penghasil intan terbaik di dunia. Ya, paling tidak itu menurut mimin, hehehe. Di tempat ini, anda akan melihat bagaimana intan itu dihasilkan. Pemandangan tambang intan plus aktifitas para pekerja tambang intan tradisional akan anda jumpai di lokasi ini.




Di sini pula anda akan menyadari mengapa intan yang sudah berkilau itu harganya sangat mahal, karena anda akan diajak langsung menyaksikan bagaimana proses pencarian intan secara tradisional.


6. Kebun Raya Banua



Belum banyak yang tahu bahwa Banjarbaru punya kebun raya. Ya, meski berlokasi di Banjarbaru, namun kebun raya ini dibangun dan dikelola oleh Pemprov Kalsel. Untuk menuju ke Kebun Raya Banua, masyarakat harus menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, belum ada trayek angkutan umum menuju perkantoran Pemprov Kalsel.



7. Rumah Jomblo


Sebuah rumah sederhana ini menjadi pusat perhatian publik. Ini karena posisinya berada di atas gundukan tanah menyerupai tebing di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.




Kawasan di mana rumah ini berada adalah area perumahan Graha Praja Indah Banjarbaru yang tengah digarap. Pengembang melakukan pengerukan di area sekitar Gunung Kupang untuk diratakan.

Namun entah mengapa pengembang seolah sengaja menyisakan satu rumah yang posisinya tepat berada di tengah.

Gara-gara keunikannya, tempat ini menjadi ramai dikunjungi warga dan juga traveler yang datang dari berbagai kota bahkan ada di antaranya yang dari luar pulau.

Seiring keternarannnya yang kian menjadi, bangunan yang bernama 'Rumah Sangkut' ini kemudian diberi julukan oleh para pengunjung yang datang. Julukan yang disematkan adalah 'Rumah Jomblo' karena rumah ini berdiri sendirian tanpa teman di sekitarnya.

8. Pusat Kuliner Alun-Alun Kota Lapangan Murjani



Setelah dimanjakan mdengan objek wisata alam dan pemandangan yang mempesona, akan terasa lengkap rasanya jika perjalanan wisata anda di Banjarbaru diakhiri di tempat ini. Ya, pusat kuliner alun-alun Kota Banjarbaru, Lapangan DR Murjani.




Jika anda pecinta kuliner, ada baiknya anda mencoba datang ke seini. Kuliner kelas kaki lima hingga cafe, tersedia disini. Wisata yang buka mulai pukul 18.00 Wita ini menawarkan tempat santai, ngobrol yang asik ditemani remang-remang lampu taman dan alunan musik berbagai genre, tinggal pilih.

Pemandangan lampu warna-warni menghiasi kantor Walikota Banjarbaru juga bisa anda nikmati disini. Intinya, belum ke Banjarbaru jika anda belum foto selfi dengan latar belakang kantor Walikota Banjarbaru di lokasi ini. Bagi anda yang beruntung, mungkin akan ditemani artis ikonnya Banjarbaru, Nikita Murjani (ADI MGR). (adm)