AC Bisa Sebarkan Penyakit Loh, Begini Cara Mencegahnya

Waktu Baca : 2 menit

Air Conditioner (AC) memang menyejukan.  Bagi sebagian orang, keberadaan AC sangat membantu menjalani kehidupan sehari-hari.  Namun, dibalik kenyamanannya, AC juga bisa menyebarkan penyakit jika tanpa perawatan yang tepat.  

Air Conditioner (AC) memang menyejukan.  Bagi sebagian orang, keberadaan AC sangat membantu menjalani kehidupan sehari-hari.  Namun, dibalik kenyamanannya, AC juga bisa menyebarkan penyakit jika tanpa perawatan yang tepat.

Foto via berandainovasi.com.

Berikut adalah cara mencegah penyakit yang ditimbulkan AC seperti dikutip dari pojoksatu.id.

1. Perhatikan jamur 

Jamur yang masuk melalui AC dapat menyebabkan gejala penyakit seperti iritasi tenggorokan, hidung mampet, dan influenza, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Read More

Mark Mendell seorang peneliti di Lawrence Berkeley National Laboratory yang mempelajari efek kesehatan dari sistem ventilasi mengatakan AC yang berjamur akan berpotensi terkena infeksi pernafasan.

Oleh sebab itu hal pertama yang perlu diketahui adalah apakah terdapat jamur dalam AC Anda, dan selalu membersihkan AC Anda secara rutin.

2. Halau udara buruk

Hindari jendela dengan ventilasi seperti lubang kecil yang memungkinkan udara masuk dari luar terutama jika kualitas udara di tempat tinggal Anda sangat buruk.

Hindari udara dengan partikel jahat seperti knalpot diesel yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti peradangan pada asma dan paru-paru.

Pastikan bahwa panel samping AC dipasang pas di sisi bingkai jendela sehingga udara luar yang berbahaya tidak dapat masuk.

Untuk perlindungan ekstra, gunakan strip busa pada bagian AC dan letakan di seluruh bagian jendela.

3. Hindari perubahan suhu secara cepat

Jika Anda menderita asma, Anda mungkin mengalami masalah pernafasan jika Anda menghirup udara yang sangat dingin setelah berada dalam udara panas.

Hindari pergeseran udara mendadak ini dengan menurunkan suhu secara bertahap saat Anda kembali berhadapan dengan musim panas.

Dan jika Anda menderita masalah pernafasan, hindari perubahan langsung dari udara yang sangat dingin ke udara yang sangat panas.


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *