Hati-hati Jika Sedang Santai Tiba-tiba Jantung Berdetak Kencang, Jangan-jangan…

Waktu Baca : 3 menit

Saat duduk santai, namun ritme detak jantung tiba-tiba mendadak cepat, tentu dapat membuat kita tak nyaman. Bahkan tak jarang merasa ketakutan. Jangan cepat khawatir, ada beberapa alasan dan kondisi medis yang menyebabkan terjadi detang jantung cepat.

Saat duduk santai, namun ritme detak jantung tiba-tiba mendadak cepat, tentu dapat membuat kita tak nyaman. Bahkan tak jarang merasa ketakutan. Jangan cepat khawatir, ada beberapa alasan dan kondisi medis yang menyebabkan terjadi detang jantung cepat.


Dokter Jati Satriyo dari Alodokter menjelaskan bahwa detak jantung cepat disebut juga dengan istilah takikardia. Itu terjadi karena adanya gangguan impuls listrik yang mengendalikan jumlah rata-rata detak jantung. Digolongkan takikardia jika seseorang yang sedang dalam kondisi beristirahat memiliki detak jantung melebihi dari 100 kali per menit.

Read More

“Takikardia bisa muncul tanpa menimbulkan komplikasi. Namun, juga bisa meningkatkan risiko stroke, gangguan fungsi jantung, henti jantung, dan bahkan kematian,” jelasnya.

Penelitian selama 10 tahun mengenai detak jantung saat istirahat menunjukkan bahwa risiko kematian lebih tinggi pada partisipan yang mengalami peningkatan detak jantung selama kurun waktu tersebut dibandingkan jantungnya stabil.

“Tidak seperti anggapan masyarakat umum, detak jantung yang lambat saat istirahat justru menandakan kondisi kesehatan seseorang dalam keadaan baik. Kecuali detak jantung lambat ini disertai keluhan pusing, sesak napas, atau nyeri dada,” ungkapnya.

Jati menambahkan, sebaliknya juga ada anggapan ketika detak jantung cepat berarti jantung bekerja lebih keras dan tidak efisien. Jadi, berisiko membuat tubuh tidak memperoleh aliran darah yang mencukupi.

“Saat tepat mengecek detak jantung yaitu saat bangun tidur pagi. Tempelkan dua jari, biasanya jari telunjuk dan jari tengah pada pergelangan tangan selama 15 detik. Hitung berapa detak jantung yang dirasakan, kemudian dikali empat untuk mengetahui detak jantung per menit. Ini adalah detak jantung dasar atau detak jantung saat istirahat,” ulasnya.

Pemicu Jantung Berdetak Cepat


– Faktor usia sangat memengaruhi detak jantung. Semakin bertambah usia maka detak jantung pada saat istirahat akan semakin cepat.
– Pemicu detak jantung cepat bisa karena olahraga, stres tiba-tiba misalnya karena berkelahi, demam, terlalu banyak konsumsi kafein atau minuman beralkohol, efek samping obat, merokok, dan ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh.
– Kondisi kesehatan tertentu yang dapat menyebabkan detak jantung cepat, contohnya seperti tekanan darah tinggi, anemia, hipertiroid, kerusakan jaringan jantung pada penderita sakit jantung, serta gangguan pola elektrik jantung karena kondisi bawaan sejak lahir.

Harus Penanganan Tepat

Penanganan yang dilakukan bertujuan untuk memperlambat kondisi detak jantung cepat, mencegah terulangnya kembali hal tersebut, dan menekan risiko komplikasi.

Pada sebagian kasus, detak jantung yang cepat dapat melambat hanya dengan dibantu beberapa gerakan sederhana, atau disebut manuver Vagal. Gerakan seperti batuk, mengejan sebagaimana tengah buang air besar, atau menaruh es pada wajah, dapat memengaruhi saraf vagus yang mengatur detak jantung. Jika tindakan tersebut tidak berhasil, dokter kemungkinan akan memberikan suntikan berisi obat antiaritmia atau obat oral lain untuk menormalkan detak jantung cepat.


Pada kondisi yang dianggap gawat darurat dan obat tidak berhasil, ahli medis akan melakukan prosedur kardioversi menggunakan alat kejut listrik pada jantung. Tindakan ini diharapkan akan memperbaiki impuls listrik jantung sehingga detak jantung kembali normal.
Beberapa tindakan lanjutan lain untuk mengatasi detak jantung cepat yang berkelanjutan seperti ablasi kateter, penggunaan alat pacemaker, hingga bedah jantung yang memerlukan persiapan dan pertimbangan medis menyeluruh.

Menjaga berat badan ideal dan tetap aktif, sekaligus mengurangi stres dan menghindari rokok merupakan beberapa cara agar jantung tetap sehat dan terhindar dari detak jantung cepat.  [*]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *