Breaking News

Wow.. Diluar Dugaan, ini Ternyata Hasil Kajian Pemko Soal Banjir di Landasan Ulin

Usai melakukan kajian, Pemko Banjarbaru akhirnya menemukan beberapa faktor yang menyebabkan Jalan Tonhar, Kelurahan Syamsudin Noor tiba-tiba menjadi langganan banjir pada awal tahun ini.

Usai melakukan kajian, Pemko Banjarbaru akhirnya menemukan beberapa faktor yang menyebabkan Jalan Tonhar, Kelurahan Syamsudin Noor tiba-tiba menjadi langganan banjir pada awal tahun ini.


Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengatakan, dari hasil kajian itu didapatkan empat hal penyebab banjir. Di mana, sebagian besar sesuai dengan prediksi masyarakat sekitar. Salah satunya ialah lantaran aktivitas pengembangan Bandara Syamsudin Noor.

"Proyek bandara 'kan banyak menutup area resapan air. Biasanya air hujan tertampung ke sana, sekarang tidak bisa lagi," katanya.


Dia mengungkapkan, agar air hujan tak terlalu banyak mengalir ke kawasan Tonhar diperlukan adanya penampungan air di area proyek. Namun nyatanya, hingga kini kontraktor pengembangan bandara belum rampung membangunnya. 

"Mereka menyediakan lahan seluas 6 hektare untuk penampungan air, tapi pembangunannya belum selesai. Kami sudah meminta agar segera diselesaikan," ungkapnya.

Selain proyek pengembangan bandara, faktor lain yang mengakibatkan Sungai Rimba meluap hingga menyebabkan banjir ialah tidak maksimalnya fungsi drainase. "Kami sudah mengusulkan ke Musrenbang Provinsi Kalsel, agar drainase di sekitar Landasan Ulin dibenahi," ujar Nadjmi.

Penyebab banjir selanjutnya, menurutnya adalah banyaknya sampah yang menumpuk di hilir Sungai Rimba, mengakibatkan aliran air tidak lancar. "Sampah-sampah sudah mulai dibersihkan saat ini, supaya aliran sungai tidak buntu lagi," tuturnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, selain faktor fisik. Banjir juga disebabkan oleh tingginya curah air hujan. "Sebelum banjir curah hujan yang turun mencapai 176 milimeter per detik. Hal itu, sama dengan hujan normal selama dua hari satu malam," paparnya.

Sementara itu, terkait belum rampungnya tempat penampungan air di area proyek bandara. Pimpro Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Taochid P Hadi membenarkan hal itu. "Sekarang masih dalam tahap pengerjaan Mas," katanya.(adm)


Source: Radar Banjarmasin

No comments