Paliat, Kuliner Lezat Menggoda Khas Tabalong Kalimantan Selatan

Anda penikmat kuliner bercitarasa gurih? Kuliner khas Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan ini wajib dicoba.  Kuliner berkuah santan kental ini tak hanya menjanjikan kelezatan, namun juga sensasi kenikmatan kuliner tradisional yang menggugah selera.

Anda penikmat kuliner bercitarasa gurih? Kuliner khas Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan ini wajib dicoba.  Kuliner berkuah santan kental ini tak hanya menjanjikan kelezatan, namun juga sensasi kenikmatan kuliner tradisional yang menggugah selera.


Gangan Paliat namanya.  Kuliner ini adalah salah satu makanan khas dari daerah Tabalong, Kalimantan Selatan. “Gangan” dalam bahasa Banjar berarti sayur, sedangkan kata “paliat” diambil dari nama sebuah desa di Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, asal mula makanan tradisional ini diberi nama.
Secara sepintas, Gangan Paliat mirip dengan masakan opor, yakni berkuah santan dan berwarna kuning karena adanya campuran bumbu kunyit. Namun, campuran santan dan kunyit pada Gangan Paliat lebih kental dibandingkan masakan opor pada umumnya.

Selain itu, makanan khas ini menggunakan bahan dasar ikan gabus atau ikan baung (sejenis ikan lele) bisa juga digantikan dengan Udang. Gangan Paliat menjadi makanan sehari-hari masyarakat Tabalong karena rasanya yang lezat dan gurih serta mudah cara mendapatkan bahan baku utamanya. Oleh karena itu, Gangan Paliat populer disebut sebagai makanan orang Tabalong.
Kuliner ini seringkali menjadi menu wajib yang disajikan pada acara besar seperti perkawinan.  Penasaran ingin mencoba kedahsyatan kuliner ini? Anda bisa mencobanya di rumah.  Berikut bahan dan cara memasaknya.


Resep Paliat


Bahan-bahan :
-  1 ekor ikan gabus atau ikan baung besar yang masih segar.  Boleh diganti dengan udang galah, sesuai selera.
-   250 ml santan
-   2 cm kunyit,
-   3 buah kemiri
-   2 cm laos
-   2 batang serai
-   3 cm jahe
-   4 siung bawang merah
-   3 buah cabai merah
-  Asam secukupnya
-  Penyedap rasa secukupnya
-  Gula merah secukupnya
-  Garam secukupnya


Cara Membuat :

1.  Pertama-tama, siapkan 1 ekor ikan gabus atau ikan baung besar yang masih segar lalu potong-potong sesuai dengan kebutuhan.
2.  Setelah itu, ikan dicuci dengan air hingga bersih. Agar rasa amisnya hilang, ikan harus dicuci dengan air jeruk purut sebanyak 3 buah.
3.  Setelah bahan dasarnya siap, langkah selanjutnya adalah peracikan bumbu. Proses peracikan bumbu dimulai dari kunyit dan laos yang dipotong kecil-kecil lalu disangrai hingga kering. Setelah itu, kunyit dan laos dihaluskan bersama bumbu-bumbu lainnya, kecuali serai dan asam kuat.
4.  Bumbu halus tersebut kemudian ditumis bersama serai yang telah dimemarkan hingga harum. Setelah itu, masukkan ikan baung dan santan kental bersama asam kuat yang sudah diperas, serta bawang merah yang sudah diiris-iris.
5.  Untuk memberi rasa, tambahkan penyedap rasa, gula merah, dan garam secukupnya. Selajutnya, aduk terus hingga matang.   Setelah matang angkat lalu sajikan. (adm)

0 Response to "Paliat, Kuliner Lezat Menggoda Khas Tabalong Kalimantan Selatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel