Kuliner Khas Kalimantan Selatan ini Paling Sulit Dilupakan

Waktu Baca : 2 menit
Kuliner khas Kalimantan Selatan tiada duanya. Sekali saja orang mencicipi kuliner di Pulau Kalimantan ini, biasanya bikin orang langsung jatuh cinta dan ketagihan. Tidak percaya? coba saja.

Read More

1. Oseng-oseng Ikan Samu/Pakasam

Pakasam adalah sejenis menu masakan khas suku Banjar. Pakasam sebenarnya adalah ikan air tawar yang diawetkan menggunakan garam dan beras ketan yang sudah disangrai dengan cita rasa sedikit asam. Rasa asam yang dihasilkan dari Pakasam ini sebenarnya akibat proses fermentasi bakteri asam laktat.

Proses permentasi ini dilakukan biasanya ketika hasil tangkapan ikan warga melimpah atau pada saat musim tangkapan ikan sungai. Proses ini dipilih untuk mengawetkan ikan agar bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Prinsipnya sama seperti mengubah ikan segar menjadi ikan asin pada umumnya.

Ikan yang biasa diawetkan menjadi Pakasam sebenarnya bisa jenis ikan apa saja. Namun biasanya penduduk di Kalimantan Selatan umumnya membuat Pakasam dari ikan Sepat, ikan Papuyu atau Betok, ikan Haruan atau Gabus dan Ikan seluang.

Di beberapa daerah ada yang menyebutnya Pekasam atau Iwak Samu. Pakasam terkenal sebagai masakan khas ada di Hulu Sungai Tengah (HST). Sentra pembuatan Pakasam yang terkenal adalah desa Mahang Sungai Hanyar, kecamatan Pandawan. Karena itu, Pakasam dari HST sering pula disebut Pakasam Mahang, merujuk pada nama daerah penghasilnya.

  Selengkapnya …..  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *