Harus Makan Apa? Tiga Bulan Gaji Honorer Belum Dibayar

Harus Makan Apa? Tiga Bulan Gaji Honorer Belum Dibayar

Banjarbaru Klik
November 07, 2018

Pemerintah sepertinya belum pekak dengan nasib guru honor.  Gaji yang tak sebesar pegawai negeri inipun masih telat dibayar.  Bahkan hingga tiga bulan guru honor belum menerima gaji.  Mau makan apa keluarga mereka?

BanjarbaruKlik.Com - Pemerintah sepertinya belum pekak dengan nasib guru honor.  Gaji yang tak sebesar pegawai negeri inipun masih telat dibayar.  Bahkan hingga tiga bulan guru honor belum menerima gaji.  Mau makan apa keluarga mereka?

Dilansir Radar Banjarmasin, Rabu (7/11/2018), salah seorang guru honorer TK Tunas Bangsa, Landasan Ulin, yang enggan menyebutkan namanya mengungkapkan, honor mereka yang belum dibayar selama tiga bulan yaitu Juli, Agustus dan September. 


Hingga kini belum ada kepastian, kapan akan dicairkan. "Biasanya memang dibayar tiga bulan sekali. Tapi, di bulan ke empat langsung cair. Namun, sekarang sudah lewat satu bulan belum juga masuk ke rekening kami," keluhnya.

Dia mengaku sudah bertanya ke Dinas Pendidikan Banjarbaru, ketika menandatangani pencairan honor. Tetapi belum ada jawaban secara pasti. 

"Katanya tunggu saja, nanti pasti akan cair," ucapnya.

Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Disdik Banjarbaru, Kusnadi membenarkan jika honor ribuan guru honorer dari TK, SD dan SMP belum dicairkan.

"Kami masih menunggu persetujuan dari BPKAD Banjarbaru, mudah-mudahan dalam pekan ini sudah bisa dibayarkan," katanya.

Selain menunggu persetujuan, dia mengungkapkan terlambatnya pembayaran upah guru honorer juga dikarenakan adanya tahapan verifikasi yang dilakukan Disdik Banjarbaru. 

"Minimal satu tahun, dua kali guru honorer kami verifikasi. Untuk memastikan tidak ada pengurangan atau penambahan," pungkasnya. (adm)