Disdukcapil Bakar Ribuan KTP Warga Banjarbaru

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarbaru, Senin (17/12/2018) membakar ribuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga Banjarbaru.

Banjarbaruklik.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarbaru, Senin (17/12/2018) membakar ribuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga Banjarbaru. 

Aksi pemusnahan KTP itu dilakukan di depan Kantor Disdukcapil Banjarbaru.  Sekda Kota Banjarbaru Said Abdullah, Kepala Disdukcapil Banjarbaru Sri Fatma Karmailita, Kepala Dinas Perhubungan Banjarbaru Ahmad Yani dan sejumlah pegawai ikut menyaksikan pemusnahan kartu identitas tersebut.

Kepala Disdukcapil Banjarbaru Sri Fatma Karmailita seperti dilansir dari Radar Banjarmasin, Selasa (18/12/2018) mengatakan, pemusnahan KTP dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Di mana setiap KTP yang rusak atau tidak berlaku lagi agar dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Total ada 1300 keping KTP yang kami bakar. Semuanya tidak berlaku terhitung sejak 2011. Lantaran, rusak, bekas perubahan alamat kependudukan dan perubahan status dari penduduk," katanya.

Dia menambahkan, pemusnahan sendiri akan dilakukan secara berkelanjutan. Hingga tidak ada lagi KTP rusak yang tersisa.

"Pemusnahan ini juga untuk menghindari KTP yang tidak berlaku disalahgunakan. Karena, saat ini musim pemilu," tambahnya.

Hal senada disampaikan Sekda Kota Banjarbaru Said Abdullah. Dia mengungkapkan, pemusahan dilakukan berdasarkan instruksi dari Kemendagri untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyalahgunaan KTP yang sudah tidak terpakai atau rusak.

“Kita berharap dengan dilaksakannya pemusnahan KTP yang sudah tidak terpakai ini, integritas pelayanan Disdukcapil Banjarbaru bisa lebih terjaga,” harapnya.  (adm)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel