Libur Natal dan Tahun Baru Jumlah Penumpang Pesawat Diprediksi Mencapai 12.000

Libur Natal dan Tahun Baru Jumlah Penumpang Pesawat Diprediksi Mencapai 12.000

Banjarbaru Klik
December 23, 2018

Libur natal dan tahun baru segera tiba.  Sejumlah terminal transportasi mulai mengalami lonjakan penumpang.  Salah satunya penumpang pesawat di Bandara Syamsudin Noor.


Libur natal dan tahun baru segera tiba.  Sejumlah terminal transportasi mulai mengalami lonjakan penumpang.  Salah satunya penumpang pesawat di Bandara Syamsudin Noor.

Banjarbaruklik.com -- Lonjakan jumlah penumpang pesawat jelang Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru), Bandara Syamsudin Noor Minggu (23/12/2018) mulai terasa.

General Manager Bandara Syamsudin Noor, Indah Preastuty mengatakan, penumpang mulai meningkat sejak libur sekolah tiba beberapa hari yang lalu.

"Kami memprediksi selama libur natal dan tahun baru, jumlah penumpang yang datang dan pergi mencapai 12 ribu orang," katanya seperti dilansir dari Radar Banjarmasin, Minggu (23/12/2018).

Untuk menghadapi lonjakan penumpang, dia mengungkapkan, Bandara Syamsudin Noor telah mendirikan posko monitoring.

"Posko dibuka selama 18 hari dari 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 mendatang," katanya.

Dia menambahkan, dalam posko monitoring lalu lintas angkutan udara diisi berbagai institusi. Diantaranya, jajaran TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Darat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Polri, Air Navigation Indonesia, BMKG, Basarnas, maskapai dan groundhandling.

“Kami siap melayani angkutan natal dan tahun baru. Untuk kesiapannya, kami sudah koordinasikan dengan seluruh jajaran posko agar selalu siaga,” tambahnya.

Selain mendirikan posko, wanita yang akrab disapa Indah ini menyampaikan bahwa pihaknya juga mempersiapkan tempat beristirahat bagi penumpang yang datang mendahului jadwal keberangkatannya.

"Penumpang yang ingin beristirahat bisa dialokasikan ke ruangan sebelah ATM Center dan teras Masjid yang berada di lingkungan Bandara Syamsuddin Noor," ucapnya.

Sementara, jika terjadi penumpukan kendaraan di area parkir. Bandara Syamsudin Noor membuka area VVIP, sebagai parkir sementara. 

Serta alternatif lain dengan menggunakan parkir inap Kokapura, parkir inap APS, lahan parkir perkantoran, serta lapangan bola. (adm)