Mulai Sekarang, Nadjmi dan Iwansyah Janji Perhatikan Kesejahteraan Guru Honor

Waktu Baca : 3 menit

Gegap gempita peringatan HUT PGRI ke-73 memang sudah usai. Namun, itu tak lebih dari seremoni. Nasib guru honorer tetaplah memprihatinkan. Gaji yang diterimanya masih tak sebanding dengan beban kerja dan pengabdiannya.


Gegap gempita peringatan HUT PGRI ke-73 memang sudah usai. Namun, itu tak lebih dari seremoni. Nasib guru honorer tetaplah memprihatinkan. Gaji yang diterimanya masih tak sebanding dengan beban kerja dan pengabdiannya.


BanjarbaruKlik.Com  —  Ribuan guru hadir dalam acara perayaan HUT PGRI ke-73 di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru pada Selasa (4/12). Mengenakan seragam PGRI, mereka mengikuti berbagai rentetan acara yang sudah disiapkan.

Diketahui jumlah guru di Banjarbaru jumlahnya lebih dari 2200 orang. Baik yang sudah berstatus ASN maupun honorer. Untuk guru honorer sendiri lebih dari seribu orang.

Read More

Ditengah gempita perayaan HUT PGRI ini, nasib guru honorer rupanya masih jadi persoalan yang tak kunjung selesai-selesai.


Tak sedikit dari mereka harus mengabdi pada dunia pendidikan dengan mengorbankan banyak hal dan hanya dibalas dengan rupiah yang tak seberapa.

Baca juga : Harus Makan Apa? Tiga Bulan Gaji Honorer Belum Dibayar


Misalnya adalah yang diceritakan oleh salah seorang guru honorer asal Banjarbaru, Ranti. Saat ditemui usai acara, guru TK Tresnania di Landasan Ulin ini menyebut kalau besaran gaji yang diterimanya masih tergolong rendah.

Dia menyebut total gaji yang diterimanya sebesar Rp900.000, Rp.500.000 dari sekolah, sisanya ditambah dari Pemerintah Kota Banjarbaru. 


“Ini tentu masih rendah dibanding sama yang sudah PNS,” kisahnya seperti dilansir harian Radar Banjarmasin, Kamis (6/12/2018).

Itu pun ujarnya, insentif dari Pemko baru saja naik pada 2017 lali, sebelumnya mereka hanya terima Rp200.000. “Tapi kenaikan ini tidak cukup untuk menutup biaya hidup sehari-hari. Harapannya semoga ada kenaikan gaji lagi untuk honorer,” harapnya.



Baca Juga : HADEH…! Gara-gara ini, Banyak Sekolah di Banjarbaru Belum Terima Dana BOS


Terkait harapan ini, Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani mengaku tidak bisa memberi jawaban secara instan. Karena perlu perencanaan yang matang.

“Kita lihat nanti (untuk kenaikan). Karena untuk menaikkan gaji guru honorer bukan hal mudah, penganggarannya cukup besar, soalnya jumlahnya banyak,” paparnya.


Meskipun demikian, Nadjmi menegaskan kalau pihaknya berkomitmen memikirkan kesejahteraan para guru honorer.

“Contohnya tidak akan ada lagi keterlambatan proses pembayaran guru honorer, kalau pun terlambat tidak melebihi tanggal 5, jadi Insya Allah lebih baik,” ujar Nadjmi.


Baca juga: Gaji Hanya Rp300 Ribu, Tunjangan Guru PAUD Terlambat Cair, ini Kata Guru dan Disdik


Ketua PGRI Banjarbaru, Khairansyah mengklaim kalau selama ini pihaknya dengan pihak pemerintah Banjarbaru saling berkoordinasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan guru honorer.

Sementara itu, Ketua DPRD Banjarbaru, AR Iwansyah sangat mengapresiasi jasa para guru-guru.

“Sangat mengapresiasi, tanpa guru tentu kita bukan jadi siapa-siapa. Jadi ini momentum yang penting,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Banjarbaru ini.


Baca juga: Janda Berstatus Guru di Banjarbaru Bertambah

Iwansyah juga mengomentari soal kesejahteraan para Guru honorer yang memang masih terus jadi polemik. Dirinya menegaskan bahwa dewan akan komitmen untuk mensejahterakan para guru honorer di Banjarbaru.

“Pasti, DPRD akan memperhatikan kesejahteraan para guru honorer, jadi tidak hanya guru yang sudah berstatus ASN, tetapi para honorer tak luput jadi perhatian kita,” katanya.


Baca juga: Angin Segar..! Honorer Bakal Penuh Tercover BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan


Caranya kata dia, pihaknya akan membahas persoalan ini secara komprehensif dan melibatkan pemegang kebijakan.

“Akan kita bahas terkait ini. Anggaran untuk pendidikan juga sudah 20 persen, jadi akan kita perhatikan,” cetusnya. (adm)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *