Besok, Bus Banjarbaru Angkut Jemaah Haul Guru Sekumpul Pukul 13.30 Wita dari Lapangan Murjani

Besok, Bus Banjarbaru Angkut Jemaah Haul Guru Sekumpul Pukul 13.30 Wita dari Lapangan Murjani

Banjarbaru Klik
March 09, 2019

Ada lima unit bus yang akan dioperasikan Dishub Pemko Banjarbaru untuk mengantar jemaah haul ke 14 Guru Sekumpul yang memilih memarkirkan kendaraannya di Lapangan Murjani.



Banjarbaru Klik - Ada lima unit bus yang akan dioperasikan Dishub Pemko Banjarbaru untuk mengantar jemaah haul ke 14 Guru Sekumpul yang memilih memarkirkan kendaraannya di Lapangan Murjani.

Di antara lima bus itu, termasuk dua bus wisata yang selama ini digunakan untuk mengantar para wisatawan berkeliling tempat-tempat wisata di Banjarbaru. “Bus pengantar jemaah haul mulai beroperasi besok, Minggu pukul 13.30 Wita,” ujar Kadishub Kota Banjarbaru Yani Makkie kepada Radar Banjarmasin.

Rombongan jemaah diantar melalui Jalan Rahayu kemudian diturunkan di depan jalan masuk SMP 4. Kemudian bus akan memutar masuk ke jalan alternatif (bukan melalui Jalan A Yani) di belakang SMP 4 yang tembus ke Lapangan Murjani.

Sebelumnya, menurut Yani, petugas mereka juga telah melakukan pembersihan pada jalur yang akan dilalui oleh bus angkutan jemaah. Memangkas dahan-dahan pohon yang merintangi maupun kabel kabel listrik dan telepon menjuntai yang diperkirakan dapat mengganggu perjalanan angkutan berbadan besar melalui jalan yang selama ini memang tidak pernah dilalui angkutan massal seperti bus.

“Bus kami akan melayani pengantaran jemaah hingga pukul 15.30 atau sesuai kondisi arus lalu lintas saat itu. Apabila sudah sangat padat dan tidak memungkinkan lagi bus bergerak maka pengantaran akan dihentikan,” ujar Kadishub.

Menurut perhitungan dari simulasi yang dilakukan sebelumnya, lima unit bus tersebut akan berkeliling tiga putaran atau tiga kali trip pengantaran jemaah.

Dishub Banjarbaru sendiri akan menerjunkan sekitar 15 personil yang akan mengawal proses antar jemputan jemaah haul. Petugas juga dibantu oleh puluhan relawan termasuk di antaranya yang berasal dari anggota Orari. “Ada sekitar 40 personil, dari Dishub Banjarbaru 15 orang, sisanya dari relawan dan anggota Orari,” terang Yani didampingi Kabid LLAJ Dedy Soetoyo saat wawancara berlangsung.

Agar tidak ada kendala saat pemulangan jemaah dari lokasi haul menuju ke tempat parkir, setiap jamaah akan dibekali stiker yang mencantumkan jam kepulangan dan lokasi tempat menunggu bus yang nanti akan melakukan penjemputan.

“Di dalam stiker itu juga dicantumkan nomor plat (Nopol) bus dan nomor kontak Hp dari masing-masing driver bus yang sebelumnya mereka tumpangi sehingga memudahkan untuk saling berkomunikasi,” ujar Dedy Soetoyo menambahkan.  (adm)