Doa Minta Rezeki dari Alquran dan Hadist

Doa Minta Rezeki dari Alquran dan Hadist

March 29, 2019

Bekerja mencari rezeki harus diiringi dengan doa minta rezeki. Islam mengajarkan bahwa rezeki sudah ditentukan untuk setiap individu manusia. Sebagai hamba, sudah kewajiban kita memintanya pada Allah SWT dengan doa minta rezeki.


Bekerja mencari rezeki harus diiringi dengan doa minta rezeki. Islam mengajarkan bahwa rezeki sudah ditentukan untuk setiap individu manusia. Sebagai hamba, sudah kewajiban kita memintanya pada Allah SWT dengan doa minta rezeki.
Dalam Islam, jodoh, rezeki dan ajal seseorang sudah ditentukan. Oleh sebab itu, sekuat apapun manusia itu mencari jodoh dan rezeki, jika Allah SWT sudah menentukan sekian, maka sekian itulah yang diterima. Demikian halnya dengan ajal atau kematian, tak seorang pun mampu menghindarinya.

Dalam quran surat Huud ayat 6 diterangkan, “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semuanya (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauhul Mahfuz)”.

Namun begitu, sebagai hamba-Nya, kita diwajibkan untuk berusaha. Sebab dalam proses usaha itulah ada nilai pahala sebagai bentuk ketaatan seorang hamba pada Tuhannya. Dan, tentu saja usaha pun harus dibarengi dengan doa minta rezeki.

Berikut doa minta rezeki yang bersumber dari Alquran dan hadits :


Doa minta rezeki yang berlimpah


رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Robbanaa anzil ‘alainaa ma-idatan minas samaa-i takunu lanaa ‘idan lii awwalinaa wa akhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqin

"Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama." (QS. Al-ma'idah :114)

Doa Minta Rezeki dan Petunjuk


“Robbighfirlii warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii”.

Arti: Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku).” (HR. Ahmad 1: 371. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa haditsnya hasan).


Doa Pembuka Pintu Rizki 


“Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.”

"Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku”. (HR. Muslim no. 35, 2697)

Doa Minta Rezeki Halal & Amal yang Diterima


“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.”


“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Doa Minta Rezeki yang Halal


“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.”

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)


Doa Minta Rezeki yang Tidak Disangka-sangka


“Wayarzuqhu min haitsu laa yahtasibu waman yatawakkal ‘alallahi fahuwa hasbuhu innallaha baalighu amrihi qad ja’alalahu likulli syai-in qadran”.

"Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaaq [65]: 64-65)

Demikian doa-doa minta rezeki yang bersumber dari Alquran dan Al-hadits.  Semoga menjadi amal kebaikan untuk kita.  (*)