Inilah Penampakan Bandara Syamsudin Noor Terbaru

Inilah Penampakan Bandara Syamsudin Noor Terbaru

March 26, 2019

Satker Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor bergerak cepat mengejar target pembangunan. Agar proyek perluasan bandara milik Banua dapat rampung sesuai waktu yang diinginkan. Kini, bentuk bandara pun mulai terlihat.

Banjarbaru Klik - Satker Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor bergerak cepat mengejar target pembangunan. Agar proyek perluasan bandara milik Banua dapat rampung sesuai waktu yang diinginkan. Kini, bentuk bandara pun mulai terlihat.

Sejak kemarin, di dalam lokasi proyek tampak sudah ada sejumlah bangunan yang berdiri. Seperti, masjid, kantor administrasi Angkasa Pura I dan bangunan terminal yang masih dalam tahap pengerjaan.

Selain itu, di lokasi proyek paket II: pembangunan infrastruktur, bangunan penunjang dan perluasan apron, sebagian jalannya terlihat sudah diaspal.

Manajer Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Dadang Dian Hendiana mengatakan, sejauh ini proyek berjalan dengan baik. Bahkan, progresnya hingga 17 Maret 2019 sudah lebih dari separuh. 


"Progres hampir 60 persen, yaitu 59,449 persen," katanya seperti dilansir Radar Banjarmasin, Selasa 26/3/2019.

Baca: Kontraktor BUMN Tersingkir, PT NKE Menangkan Lelang Proyek Bandara Syamsudin Noor

Jika dibagi per paket, dia memaparkan saat ini proyek paket II melingkupi pembangunan infrastruktur, bangunan penunjang dan perluasan apron progresnya 75.088 persen. 

"Sedangkan, paket I yang meliputi pembangunan terminal dan fasilitas penunjangnya, progresnya sudah 48.809 persen," paparnya.

Meski proyek pengembangan bandara terlihat berjalan dengan baik, namun masih ada kendala yang harus mereka hadapi. Yaitu, hujan yang terkadang turun dengan intensitas tinggi. 

"Jika hujan turun beberapa pekerjaan tidak dapat dikerjakan secara maksimal. Seperti pengecoran, pengaspalan dan pemadatan," ucapnya.

Walaupun begitu, pria yang akrab disapa Dadang ini optimis proyek pengembangan bandara dapat selesai tepat waktu. Sebab, musim basah dapat disiasati dengan cara mendahulukan pekerjaan yang tak terganggu oleh hujan. 

"Sesuai target, bandara bakal selesai Oktober dan dioperasikan pada November 2019," ungkapnya.

Baca : Menguak Asal-usul Nama Bandara Syamsudin Noor

Untuk bisa mewujudkannya, dia menyampaikan bahwa pihaknya terus mengawal setiap detail pekerjaan di lapangan. 

"Pekerjaan juga berlangsung hingga pukul 03.00 Wita dini hari, dengan sistem tiga sif. Supaya, proyek tidak ketinggalan target," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banjarbaru Wartono mengaku senang karena progres perkembangan proyek Bandara Syamsudin Noor sangat positif. 

"Semua bangunan sudah terlihat, jalannya pun sudah diaspal," ucapnya.

Dia juga optimis bandara kebanggaan masyarakat Banua tersebut bisa selesai tepat waktu. 

"Oktober pasti selesai dan November sudah beroperasi," katanya.

Baca : Proyek Kereta Trans Kalimantan Rute Banjarbaru, Banua Enam dan Banjarmasin Ternyata Didanai Rusia

Jika proyek pengembangan rampung, luas Bandara Syamsudin Noor bakal bertambah hingga empat kali lipat. Terminal yang saat ini hanya berkapasitas 1,3 juta, nanti meningkat menjadi 7 juta penumpang.

Sedangkan untuk luas apron yang saat ini hanya mampu menampung delapan pesawat, nantinya bakal bertambah luas dan mampu menampung hingga 16 pesawat.  (*)

Sumber : Radar Banjarmasin