Siap-siap, Jalan Menuju Bandara Syamsudin Noor Bakal Dialihkan ke Sini

Waktu Baca : 2 menit
Jalan menuju Bandar Udara Syamsudin Noor di Banjarbaru bakal dialihkan melewati jalan lingkar Utara.

Banjarbaru Klik – Jalan menuju Bandar Udara Syamsudin Noor di Banjarbaru bakal dialihkan melewati jalan lingkar Utara. 

Dikutip dari laman banjarmasin.tribunnews.com, Kamis 28/3/2019, menurut Kabid Perencanaan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah XI, Sugiarto kemungkinan itu sangat besar jika status jalan itu dialihkan ke nasional.

Read More

Pasalnya, proyek Bandara Syamsudin Noor sendiri merupakan proyek strategis nasional, sehingga akses jalan menuju Bandara juga juga menjadi jalan nasional yang ditangani pusat.

“Ya, memang Jalan itu diprogramkan masuk nasional.  Sebab status Bandara masuk Program Strategis Nasional (PSN). Karena itu kami masih masukkan di stok program,” kata Sugiarto.

Dia mengutarakan bahwa jika sudah status ada proses yang harus dilewati. Dan proses tersebut perlu waktu. “Kalau pun masuk di program akan tergarap di 2020,” kata Sugiarto.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI, Mutaal Badrun sebelumnya menjelaskan dari evaluasi yang ada, disebutkan Mutaal, harus ada perbaikan geometrik dan pihak daerah sebelum distatus kan nasional.


“Daerah siap saja untuk pembebasan lahan,” kata Mutaal Badrun.

Sementara dukungan Pemprov Kalsel untuk mempermulus akses Jalan lingkar utara Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru terus dikerjakan.

PUPR Provinsi Kalsel telah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan jalan tersebut Rp 40 Miliar di tahun 2019. Sedangkan sisanya, meminta bantuan nasional.  


“Sebab bangunan pelengkap dan akses jalan itu memerlukan Rp120 miliar. Karena itu kita berharap itu nasional bisa masuk untuk menggarapnya,” kata Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Agar kedepannya Balai Jalan Nasional bisa masuk untuk mengerjakan akses jalan tersebut, maka diperlukan perubahan SK status jalan tersebut dari Provinsi ke Nasional.

“Yang pasti jalan akses ke bandara dari lingkar utara menuju ke Bandara itu direncanakan akan dijadikan jalan nasional,” katanya


Tahap terakhir kata diam kemarin memang ada tim dari tim dari kementerian PU pusat sudah survei ke lokasi. Informasinya status jalan itu memang akan diubah SK-nya menjadi statusnya jalan Nasional yang saat ini statusnya masih jalan Provinsi.  (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *