Ukir Sebelas Nama Prajurit Gugur di Monumen Prajurit Denzipur 8/GM

Ukir Sebelas Nama Prajurit Gugur di Monumen Prajurit Denzipur 8/GM

Banjarbaru Klik
March 14, 2019

Detasemen Zeni Tempur 8/Gawi Manuntung (Denzipur 8/GM), Rabu (13/3/2019) kemarin meresmikan sebuah monumen untuk mengenang jasa para prajurit yang ada di satuan mereka.

Banjarbaru Klik - Detasemen Zeni Tempur 8/Gawi Manuntung (Denzipur 8/GM), Rabu (13/3/2019) kemarin meresmikan sebuah monumen untuk mengenang jasa para prajurit yang ada di satuan mereka.

Bangunan yang diberi nama Monumen Prajurit Denzipur 8/GM tersebut, diresmikan langsung oleh Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Subiyanto di Lapangan Lapangan Yudha Karya Satya Bhakti Denzipur 8/GM.

Pada kesempatan itu, tampak hadir Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, Sekda Provinsi Kalsel Haris Makkie dan sejumlah komandan satuan lingkup Kodam VI Mulawarman.

Usai peresmian, Komandan Denzipur 8/GM, Mayor Czi Satriyadi mengatakan, monumen sengaja dibangun untuk mengenang jasa para prajurit yang bertugas mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

"Kami melihat satuan ini sudah banyak sejarah berangkat tugas, tapi bentuk nyata untuk mengenangnya belum terpatri di tempat yang layak. Untuk itu, kami bangun monumen ini guna mencatat sejarah-sejarah itu," katanya seperti dikutip dari Radar Banjarmasin.

Ditambahkannya, dalam monumen berbentuk tiga patung prajurit mengenakan perlengkapan kompi yang ada di Denzipur 8/GM itu telah tertulis seluruh penugasan yang sudah dilaksanakan oleh satuan sejak tahun 1950-an.

"Total ada 15 penugasan, terakhir ke Palu dan Donggala," tambahnya.

Selain itu, dia mengungkapkan di monumen tersebut juga tertulis nama-nama prajurit yang telah gugur dalam penugasan. Total ada 11 nama. 

"Dengan tercatatnya nama mereka, maka prajurit yang masih muda dapat mengenangnya," ungkapnya.

Monumen sendiri dibangun oleh enam prajurit yang memiliki keahlian mematung, dimulai pada Agustus 2018. "Penyelesaian memerlukan waktu sekitar enam bulan," ucap Satriyadi.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Subiyanto mengapresiasi pembangunan Monumen Prajurit Denzipur 8/GM. (adm)