Jelang Pilpres, 564 Warga Binaan Rekam e-KTP

Jelang Pilpres, 564 Warga Binaan Rekam e-KTP

April 05, 2019

Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banjarbaru menjalani perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik.
Banjarbaru Klik – Sebanyak ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banjarbaru menjalani perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) mulai Kamis (4/4) tadi.

Perekaman KTP elektronik ini dilakukan di aula Lapas Banjarbaru dengan melibatkan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarbaru dengan pengawasan ketat dari anggota kepolisian.

Perekaman ini juga disaksikan oleh KPU Kota Banjarbaru dan Bawaslu Banjarbaru. Perekaman itu dilakukan terkait dengan Pilpres dan Pileg 2019 yang tinggal dua pekan lagi.

Satu persatu warga binaan Lapas Banjarbaru melakukan perekaman dengan alat khusus yang sudah disiapkan oleh Disdukcapil Banjarbaru.

Diungkapkan Kepala Disdukcapil Banjarbaru Sri Fatma Karmailita mengatakan ada sebanyak 564 warga binaan yang akan dilakukan perekaman KTP elektronik.  "Proses perekaman dilakukan selama tiga hari sejak Kamis hingga Sabtu mendatang," katanya seperti dikutip di banjarmasin.tribunnews.co

Bagi warga binaan yang pernah melakukan perekaman KTP elektronik kata Fatma, maka secara otomatis datanya akan terlihat dan tinggal melakukan pencetakan KTP. Namun bagi warga yang belum pernah melakukan perekaman maka akan dilakukan pendataan ulang. Sehingga warga mendapatkan KTP elektronik dan bisa memberikan hak suaranya pada pilpres dan pileg 2019.

Kepala Lapas Banjarbaru Abdul Aziz melalui Kasubsi Administrasi dan Orientasi Hamzah mengatakan di Lapas Banjarbaru rencananya akan ada dua TPS.

"Data awal yang sudah terdata sebagai DPT ada sebanyak 377 orang. Jumlah ini akan terus berubah seiring dengan dilakukannya perekaman KTP elektronik," ujarnya.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan KPU Banjarbaru, Disdukcapil Banjarbaru dan pihak kepolisian nantinya untuk pengamanan saat proses pencoblosan.

"Untuk TPS rencananya TPS 21 dan TPS 27. Jumlah DPT dari Lapas Banjarbaru akan bertambah dari jumlah awal yang sudah dilaporkan. Kita diberikan waktu hingga 10 April untuk proses ini," tambahnya.

Sekedar informasi, jumlah warga binaan di Lapas Kelas III Banjarbaru keselurahan mencapai 1.626 orang. (*)