Wah! Ada Replika Gua Jabal Tsur di Banjarbaru

Wah! Ada Replika Gua Jabal Tsur di Banjarbaru

May 05, 2019

Banjarbaru Klik - Jabal Tsur adalah nama sebuah gunung di Arab Saudi, terletak di bagian bawah Mekkah di sebelah selatan distrik Al-Misfalah. Gunung ini terkenal karena menyimpan sebuah gua yang dikenal sebagai Ghar al-Thawr dimana saat zaman Nabi Muhammad S.A.W dan sahabat Abu Bakar berlindung dari kaum Quraisy saat dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Karena sejarahnya, Gua Jabal Tsur kemudian memiliki makna religius bagi umat Islam di dunia dan telah banyak dikunjungi peziarah dan turis. Membahas tentang Gua Jabal Tsur, di Banjarbaru kini ada replika Gua Jabal Tsur.

Menyambut bulan suci Ramadan berbagai macam properti hotel berlomba-lomba untuk menghias sisi lobby bertemakan ala Timur Tengah, seperti masjid dari botol, gurun pasir, unta dan lain-lain. Bukan Grand Dafam Q Hotel namanya kalau tidak selalu berinovasi.

Berbeda dengan yang lain, Grand Dafam Q Hotel membuat replika Gua Jabal Tsur. Bukan hanya dijadikan pajangan atau tempat untuk berfoto saja, replika Gua Jabal Tsur akan dijadikan tempat mengkhatam Alquran selama Ramadan.


Di replika Gua Jabal Tsur ini akan dilakukan mengaji 1 juz perhari oleh karyawan Grand Dafam Q Hotel setiap hari menjelang buka puasa. “Ide ini saya dapat saat saya membaca tentang sejarah hijrah Nabi Muhammad, karena Gua Jabal Tsur sangat berperan dalam sejarah agama Islam makanya dibuatlah replikanya," ucap Muh. Roy Amazon selaku General Manager Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru.

“Insya Allah juga nanti Grand Dafam Q Hotel akan khatam Alquran, dari karyawan akan gantian ngaji tiap hari 1 juz sampai malam lebaran udah sampai 30 juz”, tambahnya.

Roy juga menyebutkan bahwa setiap yang dibuat oleh management Hotel harus bermanfaat dan juga mendatangkan kebaikan bagi semuanya. Hadirnya replika Gua Jabal Tsur di Grand Dafam Q Hotel juga diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat akan tanah Mekkah.

“Yang ingin melihat langsung Gua Jabal Tsur langsung datang ke Grand Dafam Q Hotel, dan buktikan sendiri kehadirannya," ujar Lukmanul Hakim selaku Executive Housekeeper si pembuat replika Gua Jabal Tsur. (*)