MANTUL! Dua Mahasiswa ULM Ini Ciptakan Aplikasi Makmurkan Masjid

MANTUL! Dua Mahasiswa ULM Ini Ciptakan Aplikasi Makmurkan Masjid

June 15, 2019

 
Mahasiswa Jurusan Ilmu komputer Universitas Lambung Mangkurat, Nazarudin Syah dan M Fadli Ridhani.


Banjarbaruklik - Mahasiswa Jurusan Ilmu komputer Universitas Lambung Mangkurat, Nazarudin Syah - Ilmu Komputer angkatan 2015 dan M. Fadli Ridhani - Ilmu Komputer angkatan 2016, tengah menciptakan aplikasi andrioid untuk mempermudah dalam memakmurkan masjid.

Ditemui M. Fadli Ridhani atau biasa disapa fadli, menurutnya, mereka membuat aplikasi ini terinspirasi dari firman Allah :


إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاة


“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat … ” (QS. At-Taubah [9]: 18).

dan hadis Nabi Muhammad SAW


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ ،


“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid...”4.

Menurutnya, Sobat Masjid merupakan aplikasi dalam memakmurkan masjid. Aplikasi ini mampu menghubungkan antara pengurus masjid dan masyakarat agar bersama-sama andil memakmurkan masjid.
“Kami memberikan hak akses untuk pengurus masjid yang nantinya menjadi admin dalam mengelola data masjidnya. Kami juga menyediakan aplikasi mobile yang dapat diakses oleh masyarakat,” ujarnya.

Sobat Masjid sendiri menyediakan sistem informasi bagi pengurus masjid agar mudah mengelola data masjid sehingga kegiatan dapat terkelola dengan baik.

Sobat Masjid juga menjadi media publikasi yang membuat jamaah semakin mudah untuk mendapatkan informasi suatu masjid sehingga fungsi dan peran masjid yang menjadi elemen utama kegiatan-kegiatan keagamaan, menjadi lebih maksimal dan efektif serta efesien.

Harapannya aplikasi Sobat Masjid bisa bermanfaat bagi masyarakat (jamaah) untuk andil memakmurkan masjid.
“Kami sudah jalan hampir 2 bulan, aplikasi ini juga diikutkan di MTQMN 2019 di Aceh pada akhir juli nanti, jadi sekitar  1 setengah bulan lagi waktu penyelesaian aplikasinya. Memang juga niatnya mau ikut lomba MTQMN, tapi insya Allah sesuai dengan niat awal kami aplikasi ini akan terus dikembangkan menjadi starup. Untuk saat ini sementara kami belum memasukkan di playstore. Karena masih dalam penggarapan belum sepenuhnya selesai,” ucap Fadli. (rev)