Siapa Pun Kandidat Pilkada 2020, Ini Harapan Pemilih Muda Banjarbaru…

Siapa Pun Kandidat Pilkada 2020, Ini Harapan Pemilih Muda Banjarbaru…

June 14, 2019

Anny Rasy

Banjarbaruklik - Pilkada Kota Banjarbaru digelar 2020 nanti. Namun, konstelasi politik di Kota Idaman ini semakin panas. Nama-nama calon pun telah mencuat di sosial media pada akhir-akhir ini.
Ini merupakan moment terbaik bagi warga Kota Banjarbaru untuk menyampaikan aspirasi dan harapannya kepada calon yang akan berkontestasi pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 nanti.

Ditemui, Ketua Nasyiatul Aisyiyah (NA) Kota Banjarbaru, Anny Rasyada mengungkapkan sebagai aktivis di bidang keperempuanan, sosok walikota yang ideal menurutnya adalah sosok yang memperhatikan hak-hak perempuan.

Sesederhana seperti hak untuk mempunyai ruang privasi di kantor bagi perempuan bekerja untuk laktasi atau (memerah asi) untuk anaknya, jumlah toilet perempuan yang lebih banyak daripada laki-laki di kantor atau tempat tempat umum.

Selain itu adanya kejelasan regulasi untuk perempuan yang mengalami kekerasan dalam berumah tangga harus melapor kemana, konsultasi kemana, dan sebagainya.

“Juga dapat mewujudkan Kota Banjarbaru ramah anak dan perempuan, dan pemerintah juga memperhatikan kasus stunting yang masih cukup tinggi di Banjarbaru,” pungkasnya.

“Saya juga berharap lebih banyak dibangun taman bermain anak anak yang edukatif serta dibangun dan dikelola dengan baik taman bacaan untuk masyarakat sehingga "Kota Pendidikan" yang disematkan kepada Kota Banjarbaru bukan hanya label semata,” ucapnya.
Gusti M. Adam Maulana
Terpisah, Gusti M. Adam Maulana yang merupakan Ketua BM Kosgoro 1957 Kota Banjarbaru dan pegiat Kepemudaan ini punya sosok untuk calon Walikota dan Wakil Walikota nantinya.

Menurutnya sosok Walikota yang dibutuhkan masyarakat Kota Banjarbaru pastinya yang berpengalaman dan berintegritas. Sebab kegiatan Walikota tidak hanya menjalankan roda pemerintahan saja, namun sebagai pembina partai politik dan organsasi masyarakat di Kota Banjarbaru.

“Bicara mengenai figur pemimpin yang ideal seperti Nabi Muhammad SAW. Beliau senantiasa menjunjung tinggi Kecerdasan, Kejujuran, Kepercayaan dan Kebaikan,” ucap Adam.

Pembangunan yang diharapkan tentunya pembangunan yang berkelanjutan, banyak aspek yang perlu diperhatikan seperti indeks pembangunan pemuda yang masih rendah di Kota Banjarbaru. Oleh sebab itu untuk menjadikan kota yang maju perlu peran pemuda sebagai garda terdepan dalam pembangunan menuju kota yang lebih baik. (rev)