Waspada! 3 Daerah Di Kalsel Ini bakal Dilanda Cuaca Ekstrem

Waktu Baca : 2 menit
ilustrasi cuaca ekstrem (Foto: Reuters)

Banjarbaruklik – BMKG memberikan peringatan dini untuk 3 daerah di Kalimantan Selatan. BMKG meminta warga untuk waspada dari cuaca ekstrem dan hujan lebat yang disertai kilat atau petir bahkan hingga angin kencang.

Tiga daerah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem ialah Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Banjar dan juga Kota Baru. Cuaca ekstrem berpotensi terjadi dari minggu ini hingga akhir Juni.

Read More

“Wilayah yang terdampak adalah Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru untuk seminggu ke depan potensi hujan masih tinggi, jadi patut kita waspadai,” terang Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, Muhammad Shaa Imul Qadri di Banjarbaru, yang dikutip dari Antara, Rabu (12/6/2019).

Shaaim menjelaskan bahwa saat ini akan ada fenomena gangguan gelombang atmosfer atau disebut Madden Julian Oecilation (MJO) yang masuk di wilayah Kotabaru membawa masa udara basah, sehingga berpotensi menimbulkan awan untuk terjadinya hujan.

Selain fenomena MJO tersebut, di Kalimantan selatan terutama bagian timur atau sekitar selat Makassar juga ada sirkulasi yang menghambat masa udara, dimana masa udara merapat sehingga memicu pertumbuhan awan di sekitar Kotabaru serta Tanah Bumbu.

“Daerah Samarinda di Kalimantan Timur dan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara juga kena dampak cuaca esktrem yang dipicu MJO ini,” ujarnya.

Namun Shaaim menekankan, bahwa MJO bukan lah fenomena musim namun hanya intra musim alias fenomena gangguan sementara.

“Jadi kenapa bisa banjir seperti Kotabaru dan Tanah Bumbu saat ini, karena hujan yang terus menerus turun dikarenakan banyak faktor mendukung terjadinya hujan. Kemudian ada juga faktor lokal, yang semestinya musim kemarau, malah hujan yang turun terus selama seharian karena fenomena tadi,” katanya. (*)

SUMBER : DETIK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *