BPBD Rekrut Relawan Jadi Masyarakat Peduli Api

BPBD Rekrut Relawan Jadi Masyarakat Peduli Api

July 05, 2019

Masyarakat Peduli API (MPA) *ilustrasi*

Banjarbaruklik - BANJARBARU
- Memasuki musim kemarau BPBD Kota Banjarbaru gencar memberikan sosialisasi kepada masayarakat. Inovasi dan program BPBD Kota Banjarbaru tidak main-main. BPBD Kota Banjarbaru langsung terjun dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ditemui Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarbaru Suriannor Akhmad mengatakan, pihaknya punya program untuk memberdayakan masyarakat untuk penanggulangan dan kesiapsiagaan berkaitan dengan Karhutla, yaitu Masyarakat Peduli API (MPA).

“Kita rekrut masyarakat mulai dari tokoh masyarakat agar akan sadar terhadap Karhutla di daerah masing-masing,” tandasnya.

Program MPA ini betul-betul diseriusi BPBD Banjarbaru. Bahkan BPBD melayangkan perlengkapan untuk menangani Karhutla di daerah relawan. Sejauh ini pihaknya sudah melayangkan pengadaan tosa karena lokasi kebakaran dengan titik api tidak terjangkau. Kemudian memberikan seragam agar lebih dikenal, satu buah tandon air, serta mesin air portable, selang dan peralatan lainnya.  “Yang pasti kita memberi perlengkapan dari ujung kaki sampai kepala,” tandasnya.

Selain itu untuk berkomunikasi, BPBD juga memberi alat bantuan komunikasi seperti radio atau HT. ”Artinya kita ini sudah siap, bukan sekedar siap saja, tapi kita ada proses berjenjang, kita memotivasi agar masyarakat sadar akan peduli kebakaran hutan, cuma kepedulian itu harus ada sarananya,” ujarnya.

Saat ini MPA sudah dibentuk. Ada delapan kelurahan yang terbagi di empat kecamatan. Satu MPA di Kecamatan Cempaka, empat MPA ada di Kecamatan Landasan Ulin dan tiga MPA di Kecamatan Liang Anggang.

“Tentunya dengan adanya relawan MPA ini menjadi ujung tombak dalam pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kota Banjarbaru,” pungkasnya. (rev)