Mantap! Mentaos Jawara Menu Balita "Minion Legung"

Mantap! Mentaos Jawara Menu Balita "Minion Legung"

August 07, 2019

MEMBANGGAKAN: Ketua TP PKK Mentaos Nadia Saraswati didampingi Lurah Mentaos H Ahmad Rifai menunjukan penghargaan Juara 1 Menu Balita "Minion Legung".

Banjarbaruklik – Prestasi TP PKK Kelurahan Mentaos kali ini patut diacungi jempol. Betapa tidak, Mentaos dinobatkan sebagai Jawara memasak menu balita dengan nama Minion Legung (Lele Jagung) hingga mewakili Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat nasional.

Penghargaan ini didapatkan pada acara Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke-17 tahun 2019 yang digelar di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kampus II di Ambulung Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan Banjarbaru Selatan

Hadir Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Hj Siti Hamdah SP MT, Ketua TP PKK Kecamatan Banjarbaru Utara Tien Sulistyawati dan Ketua TP PKK Kelurahan Mentaos Nadia Saraswati.

Tampak hadir pula Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan, Wakil Ketua II TP PKK Prov Kalsel, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

Panitia pelaksana kegiatan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan Ir H Syaiful Azhari MP menyampaikan bahwa dalam rangka mendorong pemerataan dan peningkatan konsumsi ikan di daerah melalui penyediaan variasi menu masakan berbahan baku ikan, maka pihaknya bekerja sama dengan TP PKK Kalimantan Selatan mengadakan Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.
JAWARA: TP PKK Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara saat mengikuti Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke-17 tahun 2019.
Wakil Ketua III TP PKK Prov Kalsel dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui  lomba masak serba ikan dengan variasi menu dapat meningkatkan gizi pada keluarga kita terutama anak-anak. “Ini sangat penting karena kita dapat mencegah stunting pada anak-anak,” ujarnya.

Stunting adalah suatu kondisi ketika tubuh dan otak anak tidak mengalami perkembangan secara optimal. Keadaan ini menyebabkan tubuh anak lebih pendek dan kemampuan berpikir yang cenderung lebih lemah dari anak lain seusianya.

Pemenuhan gizi, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, menjadi upaya pertama dalam menghindari stunting. Pemenuhan gizi tersebut meliputi gizi selama kehamilan dan masa kanak-kanak hingga usia dua tahun. Kesehatan ibu hamil dan anak juga harus dijaga dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga mengurangi kekerapan terjadinya infeksi pada ibu hamil dan masa kanak-kanak.

Pemantauan tumbuh-kembang anak secara berkala juga perlu dilakukan, baik sejak dalam kandungan, setiap bulan setelah kelahiran hingga berusia dua tahun, kemudian 6–12 bulan setelah berusia dua tahun, agar dapat segera dideteksi bila terjadi keterlambatan pertumbuhan untuk diintervensi.

Pada kesempatan itu diserahkan hadiah Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke 17 tahun 2019. Untuk kategori Menu Keluarga: Juara 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Juara 2 Kabupaten Kotabaru, Juara 3 Kota Banjarmasin, Harapan 1 Kabupaten Batola, Juara Harapan 2 Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk kategori Menu Balita: Juara 1 Kota Banjarbaru minion legung (lele jagung), Juara 2 Kabupaten Banjar, Juara 3 Kabupaten Tabalong dan Harapan 1 Kabupaten Tanah Laut sedangkan untuk kategori Menu Kudapan: Juara 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Juara 2 Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Juara 3 Kabupaten Tapin, Harapan 1 Kabupaten Balangan sedangkan untuk Juara Favorit Kabupaten Hulu Sungai Utara. (*)