Sering Akibatkan Kemacetan, Dua U-Turn di Kawasan Van der Pijl Banjarbaru Bakal Ditutup

Waktu Baca : 2 menit
SERING MACET : Dua jalan putar balik ini akan ditutup awal september tahun ini

Banjarbaruklik – Kemacetan yang sering terjadi di Jalan A Yani kawasan Murjani dan Taman Van der Pijl menjadi perhatian serius satuan lalu lintas Polres Banjarbaru.

Rencananya, U Turn atau putar balik kanan dari kawasan ini dalam waktu dekat akan ditutup. Hal ini untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas yang sering terjadi khususnya saat sore hari.

Read More

Awal September nanti, Satlantas Polres Banjarbaru akan mulai melakukan uji coba penutupan U Turn. Untuk mengetahui perubahan arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Banjarbaru AKP Gustaf Adolf Mamuaya mengatakan dalam waktu dekat ini ada dua putaran balik atau U turn di Jalan Ahmad Yani, Kota Banjarbaru akan ditutup.

“Hal ini kita lakukan untuk mengurai kemacetan yang biasanya sering terjadi pada sore hari,” katanya, Selasa, (20/8).

Rencananya, dua titik U turn yang akan ditutup berlokasi didepan Pizza Hut Banjarbaru kawasan Taman Vander Pilj dan didepan kantor Patroli Jalan Raya (PJR).

Kedua U turn tersebut digunakan oleh para pengguna jalan untuk berputar dari arah Banjarmasin khususnya dari Lapangan Murjani ke arah Banjarmasin.

Sebagai gantinya U Turn yang ditutup, para pengguna jalan dapat menggunakan U-turn yang berada didepan Museum Lambung Mangkurat untuk berputar balik, meski jaraknya cukup jauh.

“Setiap sore selalu terjadi kemacetan di dua titik itu. Karena itu akan kita tutup dua u-turn tersebut,” katanya.

Dijelaskannya bahwa antara jarak U-turn satu dengan yang lain harus memiliki jarak yang tepat sehingga tidak menimbulkan efek penumpukan volume kendaraan yang bisa menyebabkan kemacetan.

Pihaknya akan melakukan uji coba penutupan kedua u-turn tersebut pada awal September nanti.

Terkait apa akan langsung dipermanenkan, Kasat Lantas Polres Banjarbaru mengatakan pihaknya untuk sementara masih menggunakan pembatas jalan milik Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru.

“Kalau sudah diuji, baru kita permanenkan menggunakan bahan beton. Nanti dianggarakan pada tahun 2020,” katanya.(*)

sumber : tribunnews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *