Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 Kota Banjarbaru

Waktu Baca : 3 menit
UPACARA KEMERDEKAAN : Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 di Lapangan Murjani


Banjarbaruklik –  Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 dilaksanakan di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru.
Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani yang menjadi Inspektur Upacara Pengibaran Sang Merah Putih. Pasukan Paskibraka Kota Banjarbaru yang terpilih untuk mengibarkan Sang Merah Putih  ini telah berlatih ± selama tiga puluh hari dan telah di kukuhkan oleh Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani.
Tampak hadir pula pada upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru, Ketua DPRD Kota Banjarbaru H AR Iwansyah, Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Drs H Said Abdullah MSi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarbaru, SKPD Kota Banjarbaru, Camat, Lurah se Kota Banjarbaru, veteran serta undangan lainnya.
Pada upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru, terpilih sebagai pembawa baki bendera adalah Aulia dari SMAN 3 Banjarbaru, upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 berjalan hidmad dan banyak masyarakat sekitar yang ikut menyaksikan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 di Lapangan Murjani juga ikut memberikan penghormatannya kepada sang merah putih saat dikibarkan.
Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru dimulai dengan bunyi sirene selama sekitar satu menit. Setelah suara sirene tersebut berhenti, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, H AR Iwansyah  membacakan Naskah Proklamasi, seperti apa yang di bacakan Presiden Soekarno 74 tahun lalu, dan kini di bacakan di hadapan ratusan peserta upacara yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Basarnas, PNS, mahasiswa, pelajar, dan lainnya.
“Pengibaran bendera merupakan simbol rasa nasionalisme kita, tapi tidak cukup hanya mengibarkan bendera saja. Harus ada keyakinan yang kuat dalam diri bahwa kita merupakan bagian dari bangsa Indonesia, dan bagaimana kita kaum muda untuk meneruskan perjuangan agar Indonesia menjadi semakin baik lagi”.  
Selain pengibaran bendera, peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019 di Kota Banjarbaru  juga di meriahkan dengan drama kolosal dari Dewan Kesenian Kota Banjarbaru dengan judul “Merdeka atau Mati” dan paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu nasional.
Pada kesempatan itu Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menyerahkan piagam serta Satya Lencana Karya 30 tahun kepada H Jainuddin S Sos MAP, Satya Lencana Karya 20 tahun kepada Ir Syawalludin Noor MT dan Satya Lencana Karya 10 tahun kepada Rina Setyati Ssi MPA. Dan Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menerima Tanda Kehormatan “Bintang Legiun Veteran RI’ dari Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia Letnan Jenderal TNI (PURN) Rais Abin.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *