Ekspansi Ritel Modern Harus Terus Diawasi dan Dievaluasi

Ekspansi Ritel Modern Harus Terus Diawasi dan Dievaluasi

September 03, 2019

Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru, Emi Lasari

Banjarbaruklik - Ekspansi ritel modern di Kota-kota besar bisa dikatakan sudah sangat masif. Bahkan jika diamati, jarak antar ritel begitu berdekatan satu sama lainnya. sehingga, tak sedikit para pedagang kecil khususnya masyarakat yang mengeluhkan keadaan ini.

Di Kota Banjarbaru, ritel modern memang telah di moratorium pembangunannya oleh Pemko. walaupun untuk sekarang ini jumlah ritel modern cukup banyak di Kota yang berjuluk Idaman ini.

Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru, Emi Lasari pun memiliki pandangan soal ritel modern ini. Menurut legislator PAN Banjarbaru ini jika keberadaan ritel modern harus terus diawasi dan dievaluasi.

"Harus dievaluasi khususnya soal status izin-izin ritel modern ini. Pemko juga harus menindaklanjuti izin yang telah mati agar tidak memicu masalah kedepannya." katanya.

Ritel modern kata Emi memang berdampak kepada pedagang di sekitarnya. Ia pun meminta agar moratorium bisa terus ditindaklanjuti oleh Pemko dengan memerhatikan masyarakat yang berdagang di Banjarbaru.

"Memang jumlahnya sudah terlalu banyak. Masyarakat turut terkena dampaknya, misal yang berdagang di pasar dan yang punya bisnis usaha kecil dan menengah, bakal berat bersaing dengan pemilik modal besar," ceritanya.

Ia pun menyarankan agar ritel modern ini bisa ditata bahkan dibatasi lantaran jumlahnya sudah terlalu banyak.

"Harusnya sebelum mengeluarkan ijin harus ada studi kebutuhan di tiap kecamatan dan kelurahan serta terkait jumlah penduduk dan daya beli masyarakatnya harusnya jadi pertimbangan. Juga saya pikir di tiap-tiap kelurahan dan kecamatan perlu ada pembatasan jumlah," pesannya.(*)